Tinjau Pasar di Medan Jelang Lebaran, Ini Pesan Pj Gubernur ke Pedagang dan Masyarakat

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin. (Dok Pemprov Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara menjamin ketersediaan dan stok bahan kebutuhan pokok menjelang Idulfitri 1445 H dalam kondisi aman untuk dibeli masyarakat.

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

Hal itu diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin usai meninjau dan berbicara langsung dengan para pedagang terkait harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Sei Sikambing Jalan Gatoto Subroto, Kota Medan, Kamis 4 April 2024.

"Untuk itu, masyarakat diminta tidak panik dan tetap tenang, belanjalah dengan bijak, dan sesuai kebutuhan," ucap Hassanudin.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Ilustrasi harga pangan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Mantan Pangdam I Bukit Barisan, mengatakan permintaan diperkirakan akan meningkat menjelang Lebaran ini. Ia pun berharap para pedagang tidak menaikkan harga jual secara berlebihan, karena pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

"Kita tadi langsung bertanya kepada pedagang, harga sembako seperti beras, minyak makan, bawang putih, cabai merah, ayam potong dan daging sapi, harganya masih relatif stabil, karena pasokan cukup. Walau ada beberapa komoditi yang perlu pengendalian, seperti telur ayam dan bawang merah, karena pasokannya dari luar Sumut," kata Pj Gubernur Hassanudin.

Sebelumnya, Pj Gubernur Hassanudin bersama Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut IGP Wira Kusuma, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut Agus Tripriyono.

Kemudian, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Sumut, Mulyadi Simatupang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Rajali, Kepala Biro Perekonomian Sumut Poppy Marulita, berdialog dengan para pedagang.

Julham, pemilik Toko Sembako Agam WD mengatakan, untuk ketersedian beras, gula, minyak makan cukup dan harga masih stabil, karena adanya panen raya dan barang tersedia. 

"Untuk harga beras stabil karena panen raya, saya menjual yang premium perkilonya Rp14.000. Telur yang naik sedikit, karena permintaan banyak dan stoknya masih terbatas," katanya.

Pedagang lainnya, Iyanta br Tarigan mengatakan, ketersediaan cabai merah, bawang merah, bawang putih masih mencukupi dan harga masih tetap stabil. "Harga masih stabil untuk cabai merah perkilo Rp 40.000, bawang putih Rp40.000. Harganya masih sama dengan hari yang lain, dan belum naik, cuma bawang merah yang tidak stabil, karena pasokan dari Brebes terbatas, hanya dipasok dari Pulau Samosir," jelasnya.

Untuk harga daging sapi masih stabil di harga Rp130.000/kg dan ayam potong Rp34.000/kg dari sebelumnya Rp40.000/kg. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya