Angkasa Pura I dan Kementerian BUMN Berangkatkan 1.878 Pemudik

[dok. Angkasa Pura I]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - PT Angkasa Pura I (AP I) memberangkatkan 1.878 peserta mudik dalam program "Mudik Bersama BUMN Tahun 2024" melalui moda transportasi darat, laut, dan penyeberangan.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Direktur Utama AP I MMA Indah Preastuty mengatakan, rangkaian Mudik Bersama oleh pihaknya telah dimulai pada Selasa, 2 April 2024 dengan menggunakan moda transportasi laut.

"Sebanyak 145 pemudik diberangkatkan melalui Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, menggunakan armada KM Dorolonda milik PT Pelni dengan rute Makassar menuju Surabaya," kata Indah dalam keterangannya, Sabtu, 6 April 2024.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Mudik gratis Kapal Laut 2023.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Kemudian pada Jumat, 5 April 2024, AP I kembali memberangkatkan 41 peserta mudik menggunakan armada bus, dengan rute Jakarta menuju tujuan akhir Terminal Purbalingga.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Dalam kegiatan ini, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan 6.432 peserta mudik yang diberangkatkan secara bersamaan oleh berbagai perusahaan pelat merah yang berpartisipasi.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan peserta mudik dengan menggunakan moda kereta api pada Sabtu, 6 April 2024. Total 941 peserta mudik diberangkatkan dari Stasiun Senen dengan dua rangkaian kereta, yaitu Kereta Tawang Jaya Premium dengan tujuan akhir Stasiun Semarang Tawang yang mengangkut 410 penumpang.

"Serta Kereta Jaka Tingkir tujuan akhir Stasiun Purwosari Solo, dengan jumlah 531 penumpang," ujar Indah.

Puncak Arus Mudik 2024 Menggunakan Kereta Api di Stasiun Pasar Senen

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menambahkan, dengan banyaknya pemudik yang mengikuti Mudik Bersama BUMN hal ini secara langsung turut mendukung program pemerintah untuk menekan angka pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Serta menciptakan arus mudik yang selamat, aman, dan nyaman," ujarnya.

Rencananya pada 8 April 2024, AP I akan kembali melepas keberangkatan peserta mudik dengan menggunakan moda transportasi kapal laut dan kapal penyeberangan.

Sebanyak 55 peserta mudik dijadwalkan akan diberangkatkan dengan KM Sinabung, dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Serta, sebanyak 696 penumpang dijadwalkan akan diberangkatkan dengan kapal penyeberangan dari Pelabuhan Hunimua menuju Pelabuhan Waipirit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya