Mudik Gratis BUMN, PKT Fasilitasi Ratusan Pemudik Rute Bontang ke Samarinda hingga Banjarmasin

Mudik gratis PKT.
Sumber :
  • Dokumentasi PKT.

Kalimantan Timur – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berpartisipasi dalam program mudik gratis bagi masyarakat, bertajuk "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024”. Program ini dilaksanakan serentak oleh seluruh perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup, di tiap wilayah basis operasi masing-masing perusahaan.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Khusus Pupuk Kaltim, rombongan mudik gratis dilepas jajaran Manajemen Perusahaan bersama Wali Kota Bontang Basri Rase di GOR Pupuk Kaltim, dengan komando langsung Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi secara live dari Jakarta, kemarin.

"Program ini juga upaya mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan di jalan raya selama masa mudik lebaran 2024, sekaligus memastikan BUMN hadir untuk pelayanan masyarakat di hari besar keagamaan," ujar SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono, dikutip dari keterangannya, Minggu 7 April 2024.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Pupuk Indonesia.

Photo :
  • Antara/Rosa Panggabean.

Teguh menjabarkan, program mudik gratis Pupuk Kaltim tahun ini mengakomodasi sebanyak 280 pemudik asal Bontang, dengan jalur transportasi darat. Program tahun ini menyasar empat tujuan yakni Bontang-Balikpapan, Bontang-Samarinda, Samarinda-Banjarmasin dan Bontang-Banjarmasin.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Menurutnya, total Pupuk Kaltim mengerahkan tujuh armada bus, untuk memfasilitasi masyarakat dari Bontang dan Samarinda, agar bisa mudik bersama keluarga ke kampung halaman.

“Semoga program Mudik Asyik bersama BUMN tahun ini bisa membawa manfaat dan kebaikan bagi masyarakat. Selamat mudik, semoga selalu diberi kesehatan, diberkahi keselamatan dan bisa berkumpul bersama keluarga,” tambah Teguh.

Wali Kota Bontang Basri Rase, mengapresiasi kesinambungan komitmen dan kepedulian Pupuk Kaltim memberikan pelayanan mudik gratis bagi masyarakat, sebagai wujud manfaat yang dirasakan langsung dalam menyambut Idul Fitri 1445 H. Pelayanan mudik gratis ini dinilai efektif untuk mengurai potensi kemacetan dan risiko perjalanan darat bagi pemudik, sehingga masyarakat bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang setiap tahun memberikan pelayanan mudik gratis bagi masyarakat. Bagi para pemudik, kami imbau selalu jaga keamanan dan ketertiban selama perjalanan hingga tujuan. Selamat lebaran dan salam untuk keluarga di kampung," ungkap Basri Rase.

PT Pupuk Kaltim

Photo :
  • Dokumentasi PT Pupuk Indonesia (Persero)

Dirinya pun berharap program ini terus berjalan setiap tahun, karena manfaat langsung dirasakan masyarakat yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Program ini dinilai tepat sasaran, utamanya meringankan beban masyarakat yang ingin mudik tapi terkendala biaya.

"Semoga program ini terus berlanjut dengan rute yang jauh lebih banyak ke depannya. Pemkot Bontang sangat mendukung program ini untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam menyambut Idul Fitri,” tandas Basri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya