Angkasa Pura II Catat Jumlah Penumpang Pesawat saat Puncak Mudik Lebaran Capai 313.170

Suasana Pemudik di Bandara Soetta.
Sumber :
  • VIVA/sherly

Jakarta - PT Angkasa Pura II mencatat, pada puncak arus mudik 6 April 2024 pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara yang dikelola AP II secara kumulatif mencapai 313.170 penumpang. 

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

VP of Corporate Communication AP II, Cin Asmoro mengatakan jumlah penumpang pesawat angkutan Lebaran 2024 di seluruh bandara AP II pada 3-6 April (H-7 sampai H-4) tercatat sudah menyentuh 1,08 juta. Jumlah itu meningkat sekitar 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sekitar 940.000 penumpang. 

"Pada puncak arus mudik 6 April, jumlah pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara yang dikelola AP II secara kumulatif mencapai 313.170 penumpang," kata Asmoro dalam keterangannya Minggu, 7 April 2024.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang saat arus mudik. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Dia menjelaskan, khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pada puncak arus mudik 6 April tercatat 187.750 penumpang. Sehingga, pada 3-6 April (H-7 sampai H-4) jumlah penumpang mencapai 658.607 penumpang, atau naik sekitar 16 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Lebih lanjut, Asmoro menuturkan salah satu indikator kelancaran operasional dan pelayanan pada arus mudik (H-7 hingga H-4) adalah tingkat ketepatan waktu penerbangan (On Time Performance/OTP) dari maskapai yang mencapai rata-rata 95 persen di seluruh bandara AP II. 

Kelancaran pelayanan dan operasional pada angkutan lebaran termasuk saat puncak arus mudik ini juga didukung infrastruktur yang dilengkapi sistem teknologi informasi terkini yakni Terminal Operation Center (TOC) yang ada di setiap bandara

Sementara itu di Bandara Soekarno-Hatta, juga dioperasikan Airport Operation Control Center (AOCC), Airport Infrastructure Control Center (AICC), Land Transport Control Center (LTCC) dan Airport Security Operation Center (ASOC). 

“Seluruh infrastruktur tersebut yang dilengkapi dengan teknologi informasi terkini berperan signifikan dalam menjaga kelancaran operasional penerbangan dan pelayanan di tengah tingginya lalu lintas penerbangan,” jelasnya

Aktivitas penumpang di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra.

Adapun lima bandara AP II tersibuk pada H-7 sampai H-4 adalah Bandara Soekarno-Hatta (658.607 penumpang), Bandara Kualanamu di Deli Serdang (97.891 penumpang), Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru (46.320 penumpang).

Kemudian Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta (45.291 penumpang), dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang (42.125 penumpang).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya