Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah saat ini tetap tenang dalam menghadapi ketegangan geopolitik di Timur Tengah pasca memanasnya Iran-Israel

Posting Foto Gelas Starbucks saat Umroh Dikecam, Zita Anjani Tantang Balik Masyarakat Untuk Ini

"Jadi secara geopolitik belum ada apa-apa, jadi tentu kalau belum ada apa-apa, kita tenang-tenang saja," kata Airlangga dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis, 18 April 2024.

Airlangga mengatakan, potensi disrupsi yang kemungkinan terjadi yaitu terkait logistik, rantai pasok, dan kepentingan di Selat Hormuz. Sebab Selat Hormuz merupakan jalur penting minyak yang mengangkut sekitar 30 persen minyak mentah dunia. 

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

"Kita tau selat Hormuz penting terutama untuk jalur minyak yang 30 persen perdagangan minyak ada di sana, dan kita tau ada pangkalan AS di sana di Qatar," jelasnya.

Jet tempur SU-24 Iran disiagakan mengantisipasi serangan Israel

Photo :
  • Ist
Jenderal Pengkhianat Iran Mata-mata CIA Masih Berkeliaran Meski Diklaim Sudah Dieksekusi

Airlangga melanjutkan, saat ini kepercayaan investor terhadap ketahanan ekonomi RI baik. Pertumbuhan ekonomi RI 2024 diperkirakan masih di atas 5 persen, dan pertumbuhan ekonomi global 3,2 persen. 

"Jadi Indonesia jauh di atas pertumbuhan ekonomi global. Ekonomi global diperkirakan flatten, sedangkan Indonesia 5,1 persen di 2025 dan negara berkembang emerging market rata-rata di 4,2 persen," terangnya.

Sementara untuk pasar saham saat ini masih positif di tengah konflik Israel-Iran. "Pasar saham masih positif, hari ini pun positif, di atas kita AS, karena ekonominya lagi kuat sendiri, pasar modalnya lagi kuat sendiri," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya