ASEAN Luncurkan Situs Bursa Bersama

Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Indonesia
Sumber :
  • www.aseansec.org

VIVAnews -- ASEAN meluncurkan situs internet bersama dari tujuh bursa efek negara-negara Asia Tenggara. Peluncuran situs ini dimaksudkan untuk mewujudkan konektivitas pasar-pasar di ASEAN.

"Pada saat yang bersamaan, kita akan segera meng-implementasikan secara penuh Fasilitas Jaminan Kredit dan Investasi sebesar US$700 juta," ujar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pidato pembukaan KTT ASEAN, Sabtu, 7 Mei 2011.

SBY juga menyampaikan bahwa para menteri keuangan negara-negara ASEAN telah merapatkan barisan menuju pembentukan Dana Infrastruktur ASEAN (ASEAN Infrastructure Fund) guna mendukung pembangunan infrastruktur di kawasan.

Pada pidatonya tersebut, SBY mengatakan bahwa langkah negara-negara ASEAN tidak berhenti sampai disitu. ASEAN, ujar SBY, juga harus memastikan bahwa Master Plan on ASEAN Connectivity dapat diimplementasikan secara efektif.

"Dalam kaitan ini, Indonesia tengah menyelesaikan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), guna mempercepat pembangunan enam koridor ekonomi di Indonesia,"

"Saya yakin, apa yang Indonesia lakukan ke depan ini, di samping akan mengembangkan perekonomian nasional dan konektivitas intra-Indonesia, juga akan lebih membangkitkan perekonomian ASEAN, sekaligus mempercepat terbangunnya konektivitas ASEAN," jelas SBY.

Selain masalah ekonomi, SBY juga mengetengahkan masalah penanggulangan bencana alam. Dalam hal ini, SBY mengatakan bahwa terdapat dua hal utama yang perlu diperhatikan.

"Pertama, kita perlu meningkatkan kapasitas dan koordinasi regional, melalui pembentukan ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Centre)," ujar SBY.

Kedua, jelasnya, adalah melaksanakan latihan bersama penanganan bencana alam, seperti yang telah dilaksanakan dalam ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise di Manado bulan Maret lalu, yang diketuai bersama oleh Indonesia dan Jepang. (umi)

Sah! Rizky Febian dan Mahalini Resmi Menikah
Sarwendah

Unggah Foto Tanpa Ruben Onsu, Rumah Tangga Sarwendah Kembali Dipertanyakan Netizen

Ruben Onsu, setelah absen mendampingi Sarwendah di rumah sakit, baru-baru ini membagikan foto keluarga tanpa kehadiran dirinya.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024