Fischer Keluar, IMF Umumkan 2 Kandidat Resmi

Gedung IMF di Washington DC
Sumber :
  • solarnavigator.net

VIVAnews - Dana Moneter Internasional (IMF) akhirnya mengumumkan secara resmi dua kandidat calon direktur eksekutif IMF pengganti Dominique Straus-Khan yang terganjal kasus hukum pelecehan seksual. Kedua kandidat itu adalah Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde dan Gubernur Bank Sentral Meksiko, Agustin Carstens.

Sementara itu, Gubernur Bank Sentral Israel, Stanley Fischer, yang sebelumnya digadang bakal menjadi pesaing ketat Lagarde, sama sekali tidak masuk sebagai kandidat resmi IMF.

Dalam pengumuman resmi yang disampaikan dalam laman IMF seperti dikutip VIVAnews.com, Selasa, 14 Juni 2011 diungkapkan bahwa periode untuk pencalonan nominasi direktur eksekutif IMF sudah ditutup sejak Jumat, 10 Juni 2011.

Sesuai keputusan dewan IMF yang dibuat pada 20 Mei 2011 mengenai prosedur pemilihan direktur eksekutif yang baru, serta aplikasi yang sesuai ketentuan IMF, dewan eksekutif lembaga keuangan internasional akhirnya memutuskan hanya ada dua nama yang resmi menjadi kandidat calon direktur eksekutif IMF.

IMF mengungkapkan, Agustin Cartens selama ini dikenal sebagai gubernur bank sentral Meksiko. Pria berusia 53 tahun ini juga pernah menjadi deputi direktur eksekutif IMF.

Sementara itu, pesaingnya, Christine Lagarde yang merupakan warga kebangsaan Prancis, tercatat menjabat sebagai menteri ekonomi, industri, dan tenaga kerja Prancis.

Rencananya, dewan eksekutif IMF bakal segera menggelar pertemuan dengan para kandidat di Washington DC, Amerika Serikat. Pertemuan diharapkan bisa memilih kandidat terbaik sebelum akhirnya mengambil keputusan.

Seluruh proses ini rencananya akan diselesaikan pada 30 Juni 2011 dengan keputusan akhir berupa penunjukan direktur eksekutif IMF yang baru.

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Sebelumnya diberitakan, IMF dikabarkan tidak meluluskan keinginan Gubernur Bank Sentral Israel, Stanley Fischer, sebagai kandidat direktur pelaksana lembaga keuangan terkemuka itu. Sebab, Fischer sudah melewati batas usia maksimal sebagai direktur pelaksana IMF.
 
Menurut harian The Wall Street Journal, keputusan itu dibuat Senin malam waktu Washington (Selasa pagi WIB). Dengan demikian kini tinggal dua kandidat yang bersaing sebagai direktur pelaksana IMF, yaitu Menteri Keuangan Prancis, Christine Lagarde, dan Gubernur Bank Sentral Meksiko, Agustin Carstens. 

Manajemen IMF tidak secara langsung menyebut penolakan mereka atas pencalonan Fischer. Namun, IMF menyatakan kandidat harus "memenuhi kriteria yang telah ditetapkan IMF."

Salah satu kriteria adalah menyangkut umur. Fischer kini berusia 67 tahun, sedangkan batas umur maksimal bagi kandidat direktur pelaksana IMF adalah 65 tahun. (art)

Booth Suzuki di IIMS 2024

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

PT Suzuki Indomobil Sales mengumumkan ada kenaikan penjualan 14 persen, di kuartal pertama 2024 dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh beberapa faktor.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024