Saham & Komoditas Jatuh, Ekonomi Global Suram

krisis ekonomi Yunani
Sumber :
  • REUTERS/John Kolesidis

VIVAnews- Saham acuan dunia, MSCI jatuh ke posisi terendah selama 13 bulan terakhir, ditambah dengan turunnya harga komoditas akibat kekhawatiran data pelemahan dari China. Ini memberikan ketakutan global atas resesi setelah The Fed memberikan sinyal prospek ekonomi.

Data sektor manufaktur China untuk tiga bulan berturut-turut menunjukkan kontraksi, sehingga membuat penurunan harga minyak lebih dari 4 persen, dan harga tembaga ke level terendah selama setahun. Lemahnya data zona euro menambah kesuraman ekonomi global.

Bahkan emas, yang dianggap tempat yang aman, turun hampir 5 persen ke level terendah hampir satu bulan karena dolar yang menguat. Kemerosotan ini menimbulkan pertanyaan terkait validitas logam mulia.

Pasar jatuh setelah berminggu-minggu setelah kekhawatiran krisis utang Eropa dapat membekukan sistem keuangan global, dan kekecewaan pasar setelah upaya The Fed untuk meningkatkan ekonomi dengan menurunkan biaya pinjaman jangka panjang.

"Kekhawatiran global hari ini lebih menonjol dibanding krisis sovereign dan itu bukan karena kekhawatiran risiko sovereign telah berkurang, itu karena kekhawatiran pertumbuhan global jelas meningkat," kata equity strategist manajemen investasi ING, Patrick Moonen seperti yang dikutip Reuters 22 September 2011.

Indeks saham pilihan dunia, MSCI turun 4,5 persen, mencatat kerugian year to date sebesar 16 persen. Saham Amerika turun tajam selama empat hari berturut-turut. The Dow Jones industrial average melemah 391,01 poin, atau 3,51 persen di posisi 10,733,83. Indeks Standard & Poor 500 turun 37,20 poin atau 3,19 persen di level 1.129,56. Nasdaq Composite Index turun 82,52 poin atau 3,25 persen di 2.455,67.

Saham-saham energi dan bahan baku mencatat penurunan parah akibat kekhawatiran melambatnya permintaan di seluruh dunia, yang ditandai perlambatan di China. "Sangat sulit menemukan sesuatu yang merupakan katalis positif untuk pasar, baik domestik maupun internasional," kata kepala derivatif untuk TD Ameritrade JJ Kinahan. (eh)

Terpopuler: Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk
Ilustrasi selingkuh

Terpopuler: Kebiasaan Orang Selingkuh di Malam Hari, Potret Mahalini-Rizky Febian saat Akad Nikah

Ramalan zodiak, potret Rizky Febian-Mahalini pakai adat Sunda saat akad nikah hingga manfaat olahraga untuk mencegah berbagai penyakit juga tak kalah dilirik pembaca.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024