Menkeu: BPJS Perlu Katup Pengaman

Agus Martowardojo, Dirut Bank Mandiri
Sumber :
  • bankmandiri.co.id

VIVAnews - Berkaca pada pengalaman negara-negara lain yang telah menerapkan konsep Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), pemerintah menetapkan memberlakukan katup pengaman dalam UU BPJS. Pasal ini perlu demi mengantisipasi dampak dari ketidakpastian perekonomian global pada kondisi fiskal negara.

"Pada saat ekonomi sedang sulit bisa terjadi di masa depan, sistem ini mendatangkan risiko seperti yang terjadi di negara maju. Seperti Jepang, Eropa dan Amerika," jelas Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, saat ditemui usai rapat paripurna di Gedung DPR Jakarta, Jumat malam 28 Oktober 2011.

Undang-undang tersebut dibutuhkan, jelas Agus, untuk memastikan kondisi institusi dan perekonomian Indonesia tetap sehat.

"Itu yang akan membuat pandangan masyarakat global ke Indonesia akan positif karena kita membutuhkan sistem jaminan sosial, tapi tidak boleh tidak menjaga kehati-hatian," tuturnya.

Agus mencontohkan situasi krisis tersebut ialah ketika penerimaan negara turun drastis atau negara sedang dilanda bencana alam. Ataupun seperti yang saat ini tengah terjadi di luar negeri, yaitu ketika tingkat suku bunga mendadak jatuh ke titik terendah.

"Hal ini membuat penerimaan dari hasil investasinya rendah. Sehingga terjadi akumulasi defisit yang besar," jelasnya.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan
Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024