Thailand Banjir, Indonesia Waspadai Beras

Ilustrasi gudang beras
Sumber :
  • ANTARA/Fachrozi Amri

VIVAnews - Pemerintah menyatakan, terkait bencana banjir yang terjadi di Thailand, maka Indonesia perlu untuk meningkatkan sektor ketahanan pangan. Karena selama ini Thailand merupakan salah satu pemasok pangan bagi kebutuhan Tanah Air.

Menurut Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, ketahanan pangan yang dimaksud khususnya pada sektor beras. Banjir Thailand disinyalir akan mengganggu kinerja ekspor beras dari negeri gajah putih itu ke Indonesia.

"Kita harus peka terhadap ketahanan pangan kita sendiri supaya kita bisa jaga pasokan pangan termasuk beras," kata Gita saat ditemui seusai acara Arak Arak dan Bentang 11 Bendera Raksasa ASEAN di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu 30 Oktober 2011.

Pemerintah, lanjutnya, menyatakan empati pada bencana yang terjadi di Thailand dan berharap proses pemulihan dapat segera terwujud. Pemerintah telah pula menyiapkan beberapa negara alternatif pemasok beras, sebagai antisipasi apabila pemulihan di Thailand berlangsung lama.

"Untuk itu kita harus mencari alternatif, apabila tidak bisa disikapi pemerintah Thailand untuk mengirim beras ke Indonesia," tutur mantan Kepala Badan Koordinaasi Penanaman Modal ini.

Gita mengungkapkan bahwa opsi pemerintah saat ini ialah negara India sebagai negara alternatif pemasok beras tersebut. Namun, saat ini rencana tersebut masih dalam kajian pihaknya.

"(India) salah satu alternatif. Saya rasa ada beberapa yang sedang dipertimbangkan," ujar Gita. (sj)

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?
Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Sri Mulyani mengatakan bahwa nasib serupa juga dialami oleh sederetan mata uang dari negara-negara lain, termasuk negara anggota G20.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024