Yunani Picu Saham Asia Membaik

Bursa saham di Seoul
Sumber :
  • REUTERS/ Lee Jae-Won

VIVAnews - Saham Asia menguat pada Jumat, 4 November 2011, menyusul kemungkinan Yunani membatalkan referendum atas bailout zona euro.  Meski demikian, investor tetap berhati-hati atas mosi tidak percaya di kemudian hari di parlemen Yunani.

Pengajuan Yunani untuk referendum, hanya beberapa hari setelah kesepakatan penyelamatan ditetapkan, telah memicu kepanikan di pasar keuangan global. Kondisi ini juga mendorong para pemimpin Uni Eropa untuk membicarakan kemungkinan keluarnya Yunani dari zona euro.

"Pasar kembali tenang, tetapi tetap ada ketidakpastian atas mosi tidak percaya hari ini," kata Yuji Saito, direktur divisi valuta asing di Credit Agricole Bank di Tokyo seperti dikutip Reuters, Jumat ini.

Indeks Morgan Stanley Capital International (MSCI) dari saham Asia Pasifik selain Jepang naik 1,5 persen yang dipimpin oleh sektor bahan-bahan yang naik 3 persen karena harga minyak pulih. Nikkei Jepang juga dibuka menguat 1,4 persen.

Saham global dan harga minyak mentah naik pada Kamis di tengah harapan Yunani akan meninggalkan rencana referendum, yang akan mengurangi kemungkinan default negeri itu.

Indeks MSCI untuk semua negara naik 1,4 persen dan indeks saham top di Eropa, FTSEurofirst 300, naik 1,9 persen pada Kamis.

Sentimen pasar juga didukung oleh kejutan Bank Sentral Eropa (ECB) memotong tingkat suku bunga 25 basis poin pada Kamis. Nilai tukar euro naik 0,1 persen terhadap dolar dan bertahan di atas US$1,38. (eh)

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024