Harapan ke Eropa Positif, Saham Asia Menguat

Bursa saham di Moskow
Sumber :
  • REUTERS/ Denis Sinyakov

VIVAnews - Indeks harga saham di bursa utama Asia bergerak naik beberapa saat setelah transaksi awal pekan ini dibuka pagi tadi. Pergerakan positif itu muncul di tengah menguatnya kembali harapan investor bahwa para pemimpin Eropa akan menerapkan beberapa langkah konkret yang menyangkut dana bailout pada pekan ini. Langkah itu bisa mengurangi permasalahan ekonomi di wilayah zona euro ini.

Kantor berita Reuters melaporkan indeks patokan Morgan Stanley Capital International (MSCI) Asia Pasifik selain Jepang, naik 1,1 persen, setelah merosot ke level terendah sejak awal Oktober pada Jumat lalu. Indeks Nikkei Jepang juga dibuka 1,4 persen pada Senin ini setelah mencapai level terendah dalam dua setengah tahun pada Jumat lalu.

Pejabat KTT Uni Eropa mengatakan bahwa Jerman dan Perancis sedang mengkaji proposal radikal integrasi fiskal negara-negara euro. Langkah ini akan membantu menangkis serangan pasar yang sengit pada negara-negara yang terjerat utang dan memberikan kelonggaran lebih pada Bank Sentral Eropa dalam membeli obligasi pemerintah.

"Bicara tentang integrasi fiskal yang radikal, terdengar sedikit positif seperti pendekatan pragmatis," kata Yuji Saito, Direktur Divisi Valuta Asing di Credit Agricole Bank di Tokyo.

Menteri keuangan zona euro akan bertemu pada Selasa untuk merinci aturan operasional dana bailout kawasan tersebut. Hal ini akan membuka jalan untuk menarik uang tunai dari investor hingga 440 miliar euro.

Sentimen positif lain, Dana Moneter Internasional (IMF) dikabarkan sedang menyiapkan sebuah rencana penyelamatan senilai hingga 600 miliar euro untuk Italia  

Langkah ini telah membuat mata uang euro menguat tipis pada perdagangan Senin. Para pedagang membeli kembali mata euro untuk mewujudkan keuntungan. Perdagangan euro menguat menjadi US$1,3342 dari US$1,3230 pada akhir pekan lalu di New York. -ren-

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024