Miliarder Dunia Sumbang Warga Miskin Rp6 T

Pendiri Microsoft bill Gates
Sumber :
  • Reuters/Adam Hunger

VIVAnews - Menggunakan instrumen penggalangan dana baru lewat promissory notes, pasangan orang kaya dunia, Bill dan Melinda Gates bakal menyumbangkan dana US$750 juta setara Rp6,75 triliun untuk pemberantasan AIDS, TBC, dan Malaria di seluruh dunia.

"Ekonomi saat ini sangat berat, namun tak ada alasan untuk mengurangi bantuan bagi orang miskin," kata Bill Gates dalam pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) di Davos-Klosters, Swiss, seperti dikutip dari keterangan tertulis WEF yang diterima VIVAnews, Jumat, 27 Januari 2012.

Bill mengatakan, The Global Fund merupakan instrumen yang paling efektif untuk seluruh masyarakat menginvestasikan uangnya setiap tahun.

Dengan menyediakan instrumen pengumpulan dana berupa promissory notes, Global Fund memperoleh fleksibilitas dan kekuasaan untuk mendistribusikan penyaluran dana secara efektif berdasarkan kebutuhan yang dianggap paling mendesak.

"Dengan mendukung Global Fund, kita bisa membantu mengubah nasib dari negara-negara miskin di dunia," kata Co-Chair dari Yayasan Gates Foundation ini.

Sejak 2002, instrumen investasi Global Fund telah membiayai sejumlah program inovatif di 150 negara dengan tingkat penyebaran penyakit yang tinggi. Investasi ini terus melanjutkan upanya menyelamatkan lebih dari 100 ribu orang setiap bulannya.

Komitmen baru yang diberikan ini merupakan tambahan dari bantuan yang sudah diberikan Gates Foundation sebesar US$650 juta sejak Global Fund pertama kali diluncurkan sepuluh tahun lalu di WEF. Kala itu, sejumlah pebisnis top dan pemimpin politik hadir menyaksikan peluncurkan Global Fund. (art)

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024