Pemerintah Kaji Solusi Cepat Macet Keluar Brexit

Kemacetan di Pintu Tol Brebes Timur dan jalur Pantura.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumandi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, berencana meninjau langsung pintu tol Brebes Timur pada Minggu nanti, 4 September 2016.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Budi mengatakan, peninjauan dilakukan untuk mencari jalan keluar, jika terjadi penumpukan kendaraan di pintu tol yang kini dikenal dengan Brexit, sebelum libur Hari Raya Idul Adha nanti.

"Kita akan lihat, kalau terjadi penumpukan, kita mesti cari jalan keluarnya," ujar Budi, usai Rapat Koordinasi Evaluasi Tol Brebes Timur di Gedung Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis 1 September 2016. 

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Kata Budi, sempitnya jalan keluar setelah pintu tol menjadi kendala yang berpotensi menciptakan kemacetan. Untuk itu, Kementerian Perhubungan berencana membatasi jumlah kendaraan di pintu tol sebelumnya.

"Kita belum punya waktu menyelesaikan persoalan di sana (jalan setelah pintu tol), karena itu kita akan kurangi sejak di Cikarang. Suplai lalu lintas ke sana, akan dibatasi," tambahnya.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Nantinya, koordinator pengaturan lalu lintas jelang libur Idul Adha berada di bawah arahan Mabes Polri.

Selain masalah kemacetan di Brexit, rapat juga membahas mengenai persoalan di pelabuhan, seperti di Banten dan Surabaya.

Sebelumnya, kemacetan parah terjadi di tol Brexit pada tradisi mudik Hari Raya Idul Fitri lalu. Kemacetan terjadi, akibat jumlah kendaraan yang melintas terlalu tinggi, sehingga tidak sebanding dengan daya tampung tol. Akibatnya, antrean kendaraan kala itu bisa memanjang hingga 20 kilometer. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya