Tinggalkan Afghanistan, Rombongan Jokowi Sujud Syukur

Rombongan Presiden Jokowi sujud syukur
Sumber :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Ada kejadian menarik usai Presiden Joko Widodo dan rombongan melakukan kunjungan kenegaraan ke Afghanistan, Senin 29 Januari 2018. Sejumlah pejabat melakukan sujud syukur.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Dari foto yang beredar, terlihat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Komandan Pengamanan Presiden Mayjen TNI (MAR) Suhartono, juga melakukan sujud syukur.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Mahmudin mengatakan, peristiwa itu terjadi saat seluruh rangkaian acara di Afghanistan, berakhir. Ketika itu, rombongan sudah berada dalam Pesawat Kepresidenan yang akan melanjutkan perjalanan menuju Tanah air.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"(Foto itu) dilaksanakan di atas pesawat Kepresidenan Indonesia-1 ketika berada di Kabul (ibu kota Afghanistan) dan akan lepas landas, pesawat belum bergerak," ujar Bey, saat dikonfirmasi, Selasa 30 Januari 2018.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, atas kesuksesan kunjungan itu, mengucapkan rasa syukurnya.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

“Alhamdulillah semua lancar,” ucap Menlu Retno. Setelah itu, menlu dan danpaspampres sujud syukur.

Dalam lawatan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana ke lima negara Asia Selatan, Afghanistan termasuk yang diperhitungkan.

Baca Juga: Jokowi Jadi Imam Salat Berjamaah Presiden Afghanistan

Sehari sebelum Jokowi tiba, terjadi ledakan bom di Kabul. Ratusan korban tewas, dan puluhan lainnya terluka. Kejadian itu pada Minggu 28 Januari 2018, sedangkan Jokowi tiba sehari setelahnya, Senin 29 Januari 2018.

Tuntas lima negara

Rombongan Presiden Jokowi tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Selasa subuh, 30 Januari 2018 pukul 05.20 WIB. Lima negara yang dikunjungi yaitu Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan.

Presiden RI Joko Widodo tiba di Bandara Halim, Jakarta Timur.

Foto: Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Halim, Selasa subuh, 30 Januari 2018.

Jokowi dan Ibu Negara, Iriana beserta rombongan disambut sejumlah pejabat negara di tengah guyuran hujan deras di Lanud Halim. Para pejabat itu adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Ada juga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sementara itu, rombongan Jokowi terdiri atas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Kemudian, ada Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/KPN Andri Hadi, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya