Rumah Aung San Suu Kyi Diserang Bom

Aung San Suu Kyi
Sumber :
  • REUTERS/Soe Zeya Tun

VIVA – Bom molotov dilaporkan sengaja dilempar ke area vila kediaman State Councilor Myanmar, Aung San Suu Kyi di Yangon, Myanmar. Dilansir laman CNN, bom molotov tersebut dilemparkan di sekitar danau yang ada di dekat vila kediaman Suu Kyi.

Aung San Suu Kyi Sakit, Junta Myanmar Tolak Permintaan Dokter dari Luar

Juru Bicara Zaw Htay membenarkan adanya serangan bom molotov tersebut. Namun dia belum bersedia menjelaskan rinciannya. Dia juga tak mau memberitahukan posisi Suu Kyi saat serangan itu terjadi.

Suu Kyi sebelum naik ke jabatan pentingnya saat ini pernah menjalani tahanan rumah oleh rezim Junta Militer Myanmar di rumah danau di Yangon itu di bagian selatan Myanmar. Dia menjadi tahanan rumah selama 15 tahun.

Aung San Suu Kyi Dapat Grasi dari Junta Myanmar

Suu Kyi lalu dibebaskan pada tahun 2010. Dia diduga menjadi target penyerangan setelah terjadi pembersihan etnis dan kekerasan terhadap etnis muslim Rohingya di Rakhine. Suu Kyi yang merupakan peraih Nobel Perdamaian dianggap tak bersikap soal kekerasan brutal itu.

Dia sendiri pernah menyangkal adanya pembersihan etnis Rohingya di Myanmar. Padahal PBB sudah merilis laporan adanya kecenderungan pembantaian yang bernuansa pembersihan etnis minoritas di Myanmar.
 

Junta Myanmar Ampuni 5 Kesalahan Aung San Suu Kyi
Aung San Suu Kyi salam tiga jari bentuk protes pada kudeta militer.

Kekejaman Junta Militer Myanmar, Aung San Suu Kyi Tak Dikasih Makan dan Ditelantarkan Saat Sakit

Junta militer Myanmar diduga dengan sengaja membahayakan nyawa tokoh demokrasi yang dipenjara, Aung San Suu Kyi, pada hari Kamis, 14 September 2023.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2023