Ingin Negaranya Damai, PM Ethiopia Ajukan Pengunduran Diri

Perdana Menteri Ethiopia Hailemariam Deselegn.
Sumber :
  • REUTERS/Tiksa Negeri.

VIVA – Perdana Menteri Ethiopia Hailemariam Deselegn mengajukan pengunduran diri dari jabatannya hari ini. Hal tersebut diumumkannya dalam sebuah siaran televisi di negara tersebut. 

Indonesia Diyakini Mampu Positif Hadapi Krisis Global, Apa Alasannya

Dilansir dari Washington Post, Kamis 15 Februari 2018, pengumuman tersebut disampaikan tepat setelah pemerintah membebaskan ratusan tahanan politik di negara itu. Termasuk beberapa petinggi oposisi pemerintahan.  

Ethiopia yang merupakan sekutu Amerika Serikat dan negara paling padat kedua di Afrika ini, menjadi salah satu kekuatan ekonomi di kawasan tersebut. Namun, karena keresahan sosial dan politik akibat berambisinya pihak oposisi pemerintahan beberapa tahun terakhir, ratusan dan ribuan orang terpenjara dan menjadi korban beberapa tahun ini. 

Arah dan Strategi Politik Luar Negeri Indonesia di Periode II Jokowi

"Kerusuhan dan krisis politik telah menyebabkan hilangnya nyawa membuat banyak orang mengungsi," ujar Deselegn. 

Menurut kantor berita Ethiopian News, Deselegn juga mundur sebagai ketua partai yang berkuasa di negara itu saat ini. Dia menganggap, keputusannya tersebut bisa memberikan solusi terhadap memanasnya situasi di negara tersebut saat ini. 

Politik Luar Negeri RI Bertumpu pada Prioritas 4 Plus 1, Apa Itu

Namun agar pemerintahan terus berjalan, dia menegaskan akan tetap menjalankan tugasnya sampai penggantinya terpilih. (mus)

Tangkapan layar (screen shot) akun Facebook yang mengunggah foto tayangan berita tvOne tentang isu bahwa China akan membangun pangkalan militer di Indonesia.

Cek Fakta: China Bangun Pangkalan Militer di RI, Seruan Jihad Bergema

Kebijakan luar negeri Indonesia tidak memungkinkan rumor itu.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2020