Supermodel Dunia Dikecam karena Tak Paham Tradisi Imlek

Supermodel asal China Liu Wen (kiri)
Sumber :
  • Instagram Liu Wen

VIVA – Supermodel asal China, Liu Wen sontak menjadi perbincangan di publik. Unggahan dan caption di Instagramnya banjir kecaman lantaran Liu Wen dicap tak paham tradisi negeri asalnya.

Buttonscarves Bawa Ikon Hijab Dunia Halima Aden ke Istanbul Modest Fashion Week 2024!

Dikutip dari laman BBC, Liu yang masuk dalam daftar model dunia yang dibayar paling mahal versi Forbes itu awalnya menulis "Selamat Tahun Baru Kalender Bulan" atau Happy Lunar New Year di caption fotonya dengan latar pohon jeruk Kumquat khas Imlek. Namun tak lama, akunnya dibanjiri kritik dan kecaman oleh penggemarnya.

Di akun Instagram @liuwenlw, para netizen menilai bahwa Liu Wen tak paham perbedaan antara "Selamat Tahun Baru China" dan "Selamat Tahun Baru Kalender Bulan".

Setelah Hancur dan Depresi Bulan Lalu, Supermodel Cara Delevigne Kini Tampak Lebih Sehat

Tahun Kalender Bulan diketahui adalah periode per 16 Februari dan biasanya diwarnai dengan festival sehingga lebih identik dengan festival dan biasanya dirayakan tak hanya di China namun juga di Korsel, Vietnam, Singapura dan negara Asia Tenggara lainnya.

Sementara Tahun Baru China adalah tahun dengan shio baru yang biasanya disebut Imlek dan khas orang China.

Gigi Hadid Ngaku Mengidap Sindrom Imposter

"Kalau orang China saja tak menghormati budayanya, bagaimana bisa menghargai dirimu?" tulis salah seorang netizen dengan akun baijingting999.

Sementara warganet lain juga menyindir model asal China pertama yang pernah tampil di panggung Victoria's Secret itu bahwa dia tak ingin menjadi orang China.

"Jika memang ingin jadi orang Vietnam, sana pergi jangan pulang ke China," tulis warganet lainnya.

Li Wen disebut kemudian mengganti caption unggahannya menjadi "Happy Chinese New Year". Sayangnya akun tersebut kadung dibombardir dengan kecaman soal istilah tradisi itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya