Ternyata Kim Jong-un Punya Paspor Palsu ke Barat

Pemimpin Korea Utara yang juga ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il.
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan almarhum ayahnya Kim Jong Il, terkuak menggunakan paspor Brasil dengan curang, untuk mengajukan visa kunjungan ke negara-negara Barat pada tahun 1990-an.

WN Sri Lanka Pakai Paspor Italia Palsu, Modus Tukar Identitas saat ke Thailand

Hal itu diungkapkan oleh lima pejabat keamanan senior Eropa Barat, berupa bukti dokumen perjalanan, yakni fotokopi paspor Brasil. Namun, sumber menolak menjelaskan bagaimana salinan paspor itu diperoleh.

Di paspor dengan masa berlaku 10 tahun tersebut terdapat cap "Kedutaan besar Brasil di Praha", dengan tanggal penerbitan 26 Februari 1996. Sumber keamanan mengatakan, teknologi pengenal wajah mengonfirmasi foto-foto tersebut adalah Kim Jong Un dan ayahnya.

Imigrasi Malang Gagalkan Ratusan Upaya Duplikasi Penerbitan Paspor

Paspor dengan foto Jong Un dikeluarkan atas nama Josef Pwag dengan tanggal lahir 1 Februari 1983. Sementara itu, paspor Jong Il dikeluarkan atas nama Ijong Tchoi dengan tanggal lahir 4 April 1940. Pada dasarnya Jong Il lahir pada tahun 1941. Jong Il meninggal pada tahun 2011 lalu.

"Mereka menggunakan paspor Brasil, yang dengan jelas menunjukkan foto-foto Kim Jong Un dan Kim Jong Il, mencoba mendapatkan visa dari kedutaan asing," kata sumber yang enggan disebutkan namanya.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

"Ini menunjukkan keinginan untuk melakukan perjalanan dan menunjukkan usaha mereka untuk membangun jalur pelarian yang memungkinkan," ujarnya, dilansir dari Reuters, Rabu 28 Februari 2018.

Sumber lainnya mengatakan, kedua paspor tersebut adalah dokumen sah, saat dikirim sebagai blanko konsulat untuk diterbitkan. Tidak diketahui visa mana yang telah dikeluarkan. Namun, diduga telah digunakan untuk bepergian ke Brasil, Jepang, dan Hongkong.

Kim Jong Un gunakan paspor palsu

Kisah Presiden Korut Kim Jong Un, Palsukan Paspor Negara Ini Demi Bisa Main ke Disneyland

(QUEUE)Pemimpin diktator Korea Utara Kim Jong Un dan mendiang ayahnya, Kim Jong Il, dilaporkan pernah menggunakan paspor Brasil palsu yang diperoleh secara 'ilegal' untuk

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2024