Daftar 10 Negara Terburuk bagi Perempuan

Bom mobil di Suriah.
Sumber :
  • SANA/Handout via REUTERS

VIVA – Data Women, Peace and Security Index 2018 mengungkapkan Suriah dan Afghanistan adalah dua negara terburuk untuk perempuan.

Ketika Bom Meledak di Pesta Pernikahan, 63 Orang Meregang

Dua negara yang dilanda konflik tersebut berada di urutan paling bawah dalam daftar. Sementara itu, Islandia menduduki peringkat pertama sebagai negara terbaik.

Indeks tersebut mengukur kesejahteraan dan pemberdayaan perempuan dari 153 negara. Indeks memberi peringkat pada negara-negara mengenai perdamaian, keamanan, dan inklusi perempuan.

Teror Bom Bunuh Diri di Afghanistan, 15 Tewas dan Puluhan Luka-luka

Beberapa faktor yang dinilai mencakup tahun-tahun sekolah, jumlah anggota parlemen perempuan, pekerjaan, diskriminasi hukum, perang, kekerasan dalam rumah tangga, dan penggunaan ponsel.

Perang sipil yang berkecamuk di Suriah sejak 2011 tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Bulan lalu dilaporkan bahwa wanita di Suriah dieksploitasi secara seksual sebagai imbalan atas bantuan kemanusiaan.

Sah, Perempuan di Arab Saudi Boleh Nyetir Mobil di Jalanan

Di Afghanistan, di mana perempuan dilucuti hak-hak mereka oleh Taliban antara tahun 1996 dan 2001, kekerasan berbasis gender merajalela. Lebih dari 80 persen perempuan buta huruf, dan banyak yang meninggal saat melahirkan.

Dilansir USA Today, sepuluh negara terburuk untuk wanita antara lain Suriah dan Afghanistan, Yaman, Pakistan, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Irak, Mali, Sudan, serta Nigeria.

Sementara itu, negara terbaik untuk perempuan di antaranya Islandia, Norwegia, Swiss, Slovenia, Spanyol, Finlandia, Kanada, Belanda, Swedia, Belgia, dan Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya