Kanada Tak Jadi Jual Heli ke Filipina, Duterte: Kalian Bodoh

Rodrigo Duterte, Filipina
Sumber :
  • bbc

VIVA – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte tak terima dengan sikap pemerintah Kanada, yang menolak menjual helikopter ke Filipina, jika digunakan untuk operasi tempur melawan warga sipil di negara itu.

SEA Games Bermasalah, Presiden Filipina Minta Maaf

Dalam pidatonya pekan ini, Duterte mengatakan, orang Kanada sangat bodoh, karena melarang pembelian helikopter Bell senilai US$233 juta itu. Apalagi, Filipina tengah berupaya memerangi ekstremis ISIS di negaranya dalam beberapa waktu terakhir.

Duterte mengatakan, sebelumnya pemerintah Kanada setuju untuk menjual helikopter. Tetapi, berubah pikiran dan mengatakan helikopter itu tidak bisa digunakan melawan warga negaranya sendiri.

Cabang Duathlon Sukses Tambah Medali Emas Indonesia

"Ya Tuhan, kalian orang Kanada, seberapa bodohnya kalian? Warga kami bergabung dengan ISIS, jadi kami punya hak untuk membunuh warga kami, karena kami tidak ingin menghancurkan komunitas ini dengan sikap apatis," tegas Duterte dilansir dari Asia One, Jumat 23 Maret 2018.

"Orang-orang idiot itu berkata, kita tidak boleh menggunakannya melawan warga sipil. Ya, karena mereka tidak menghadapi masalah yang sama seperti kami," ujarnya.

Presiden Filipina Minta Panitia SEA Games Gratiskan Tiket Pertandingan

Duterte, bahkan mengatakan bahwa dengan keputusan ini, Kanada telah memperlakukan Filipina seperti sampah. 

"Seluruh komunitas dunia harus tahu bahwa ada Republik Filipina yang bukan hanya omong kosong. Jangan lakukan itu pada kami, karena saya akan menghina Anda. Memangnya siapa Anda?" kata Duterte. (asp)

Ilustrasi Gempa bumi di Pulau Vancouver Kanada

Pulau Tempat Tinggal Pangeran Harry di Kanada Diguncang Gempa

Gempa 4.5 SR itu terdeteksi di lepas pantai barat Vancouver

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2020