Rusuh hingga Bakar Kantor Polisi, 68 Orang Tewas

Kerabat narapidana menunggu di luar penjara
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

VIVA – Kerusuhan dan pembakaran di salah satu kantor polisi di Kota Valencia, Venezuela menyebabkan 68 orang tewas. Hal tersebut dibenarkan pemerintah setempat.

600 Tersangka Rusuh 21-22 Mei dan Demo DPR Ditangkap Polres Jakbar

Sementara Jaksa Wilayah Tarek Saab mengatakan bahwa penyelidikan sedang dilakukan mengenai penyebab kerusuhan berujung maut di negara bagian Carabobo itu sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Awalnya dilaporkan bahwa kerusuhan disulut setelah para tahanan di kompleks kantor polisi dengan membakar matras-matras mereka pada Rabu, 28 Maret 2018. Polisi kemudian mengeluarkan gas air mata. Tak lama terdengar ledakan yang menyebabkan kebakaran lebih besar.

Palmerah Membara, KRL Hanya Sampai Stasiun Kebayoran Lama

Sementara Juru Bicara pemerintah, Jesus Santander membenarkan bahwa ada juga korban polisi yang tertembak setelah terdengar ledakan. Tak lama kondisi itu bisa diatasi aparat. Carabobo disebutkannya, berduka dengan kejadian ini.

Disebutkan bahwa tempat tahanan di Venezuela memiliki kondisi termasuk yang terburuk di dunia. Sementara kerusuhan itu memanas setelah para keluarga dan kerabat tahanan tahu adanya kebakaran, mereka mendatangi dan ikut dalam aksi.

Polisi di Empat Lawang Diserang, 17 Warga Ditahan

Kebanyakan korban disebutkan adalah tahanan yang tewas akibat kesulitan bernapas setelah tahanan dan kantor polisi dikepung asap tebal.


 

Kerusuhan di Minneapolis, Amerika Serikat

Kerusuhan Minneapolis Melebar, Ohio Statehouse Jadi Sasaran Perusuh

Aksi massa dipicu kematian George Floyd kembali tak terhindarkan.

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2020