Kim Jong Un Akan Masuk Korea Selatan untuk Berdamai

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA – Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, akan melintasi perbatasan negara menuju Korea Selatan, untuk bertemu Presiden Korea Selatan, Moon Jae In.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Menurut Kepala Staf Kepresidenan Korea Selatan, Im Jong Seok, militer akan mengawal kedua pemimpin untuk upacara penyambutan di sebuah lokasi di Panmunjom, desa perbatasan tempat pertemuan akan diadakan.

Kim Jong Un dijadwalkan akan melintasi perbatasan pada pukul 09.30 pagi waktu setempat. Sementara itu, dialog resmi antara Kim dan Moon akan dimulai satu jam setelahnya atau pada pukul 10.30 waktu setempat di Peace House, Panmunjom.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

"Pertemuan ini akan lebih fokus pada denuklirisasi dan mengamankan perdamaian permanen dari apa pun," kata Im, seperti dilansir dari Reuters, Kamis, 26 April 2018.

Kim Jong Un akan didampingi sembilan pejabat di antaranya saudara perempuannya, Kim Yo Jong, yang memimpin delegasi Korea Utara ke Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan pada Februari 2018, dan Kim Yong Nam, kepala negara bagian Korea Utara.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Selain itu, akan ada Kim Yong Chol, mantan kepala intelijen dan Chow Hwi, ketua panel olahraga, Ri Su Yong anggota politbiro Korut dan Ri Myong Su, kepala staf umum Tentara Rakyat Korea.

Para menteri yang ikut serta dalam pertemuan itu termasuk Menteri Pertahanan Pak Yong Sik, Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho dan sosok yang menjadi ujung tombak resmi upaya reunifikasi, Ri Son Gwon.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024