Logo BBC

Seratus Tahun Kesunyian: Kisah yang Membentuk Amerika Latin

Mural Gabriel Garcia Marquez di Kota Aracataca, Kolombia -  John Vizcaino/Reuters
Mural Gabriel Garcia Marquez di Kota Aracataca, Kolombia - John Vizcaino/Reuters
Sumber :
  • John Vizcaino/Reuters

Sebelum Seratus Tahun Kesunyian, Amerika Latin punya kemiripan tertentu dengan tempat imajiner yang digambarkan dalam paragraf pertama dari novel: "Dunia terlihat begitu muda sehingga banyak benda belum bernama, dan untuk menyatakan benda-benda itu kita harus menunjuknya".

Benua itu, tentu saja, bukanlah tempat baru ketika Gabriel Garcia Marquez menulis novelnya yang terkenal: para penulis yang dikenal sebagai Cronistas de Indias, pada abad 15 dan 16, melakukan tugas mendeskripsikan tanah; mereka menamai hal yang tidak diketahui saat melihat mereka untuk pertama kalinya.

Beberapa dekade kemudian, Garcia Marquez memulai Penemuan Benua Amerika yang kedua. Dari studionya yang kecil di Mexico City, dengan sabar menulis di mesin tiknya, dia membayangkan kembali asal-usul benua tersebut dan dengan itu mengubah masa depannya selamanya.

Selama paruh kedua abad ke-20, Amerika Latin mengalami masa tegang. Beberapa negara “seperti Chili, Kolombia dan Meksiko“ berjuang dengan ketidakstabilan, kediktatoran, dan kekerasan politik.

Hal ini menyebabkan perubahan sosial yang tiba-tiba dan, untuk sebagian besar, membingungkan, termasuk Revolusi Kuba, yang dipimpin oleh Ernesto Che Guevara dan Fidel Castro.

Ketika Garcia Marquez berada di tahap pertama dari kisah besarnya, ia menjadi terpesona dengan peristiwa-peristiwa di Kuba. Yang paling mengejutkan adalah kemungkinan nyata adanya tatanan baru bagi negara-negara di belahan bumi ini, jauh dari tekanan dan tuntutan Amerika Serikat.

Banyak intelektual Mario Vargas Llosa, Jean-Paul Sartre, Albert Camus dan Simone de Beauvoir, di antara banyak lainnya membagikan antusiasme Garcia Marquez. Namun, pada tahun-tahun berikutnya, sebagian besar dari mereka menjadi kecewa dan menjauhkan diri darinya.