Logo ABC

Tak Sanggup, Banyak Warga Australia Harus Tunda Setahun ke Dokter

Ketua Ikatan Dokter Australia (AMA) Tony Bartone menyebut tunjangan asuransi Medicare tak memadai dibandingkan kenaikan biaya kesehatan.
Ketua Ikatan Dokter Australia (AMA) Tony Bartone menyebut tunjangan asuransi Medicare tak memadai dibandingkan kenaikan biaya kesehatan.
Sumber :
  • abc

Australian Institute of Health and Welfare menyebutkan saat ini lebih dari sejuta warga Australia menunda kunjungan ke dokter dalam satu tahun karena mereka tak sanggup membayar biayanya.

Laporan lembaga ini juga menyatakan warga harus merogoh kantong sendiri sebesar Rp 30 triliun setiap tahun, di luar persentase biaya yang ditanggung asuransi kesehatan dari pemerintah, Medicare.

Padahal, kata laporan ini, biaya pertanggungan dari Medicare telah mencapai rekor tertinggi.

Disebutkan bahwa 1 dari 2 pasien harus menanggung sendiri biaya layanan Medicare non-rumah sakit, yang rata-rata Rp1,4 juta perorang.

Ketua Ikatan Dokter Australia (AMA) Dr Tony Bartone mengatakan, tunjangan kesehatan Medicare tidak mengikuti kenaikan biaya layanan medis.

"Biaya perawatan terus meningkat sementara rabat Medicare tak mencukupi lagi secara keseluruhan," katanya.

Menurut Leanne Wells dari Forum Konsumen kesehatan Australia fakta 1,3 juta warga Australia menunda kunjungan ke dokter karena faktor biaya sangatlah memprihatinkan.