Logo BBC

Pramugari Diperkosa dan Dibunuh Sopir, Taksi Online Dibekukan di China

 - Reuters
- Reuters
Sumber :
  • bbc

Raksasa Cina, Didi Chuxing, membekukan layanan angkutan bersama (trip sharing) setelah polisi menyebutkan bahwa seorang pengemudi memperkosa dan membunuh seorang penumpang perempuan.

Sebuah pernyataan perusahaan mengatakan bahwa kejadian itu menunjukkan ada kekurangan dalam proses operasi mereka, sehingga mereka menunda sistem angkutan mereka untuk pengkajian ulang.

Pihak berwenang mengatakan perempuan berusia 20 tahun itu melakukan perjalanan dengan aplikasi itu hari Jumat (24/8) di kota Wenzhou.

Namun ini bukan yang pertama ternyata, peristiwa serupa terjadi pula beberapa bulan lalu.

Bulan Mei lalu, perusahaan itu membekukan dan mengubah Didi Hitch, yang mempertemukan pemilik mobil dan penumpang menyusul tewasnya seorang pramugari berusia 21 tahun setelah menggunakan layanan di Zhengzhou.

Dalam insiden terbaru, polisi mengatakan perempuan itu naik taksi online Didi pada pukul 13.00 waktu setempat (11:00 WIB) dan satu jam kemudian ia mengirim pesan darurat meminta pertolongan kepada temannya sebelum kemudian kehilangan kontak.

Pada Sabtu pagi, petugas berwenang menahan pengemudi berusia 27 tahun bernama Zhong yang kemudian mengaku memperkosa dan membunuh penumpangnya, kata polisi.