Korut-Korsel Sepakat Tak Ada Lagi Senjata di Zona Perbatasan

Panmunjom, Korea.
Sumber :
  • TVOne

VIVA – Korea Utara, Korea Selatan dan Komando Perserikatan Bangsa Bangsa (UNC) sepakat untuk menarik persenjataan dan pos penjaga di zona demiliterisasi atau DMZ Panmunjom pada pekan ini. 

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Ketiga pihak mengadakan pembicaraan putaran kedua di Panmunjom untuk membahas cara-cara untuk melakukan demiliterisasi perbatasan. Hal ini sejalan dengan kesepakatan antar-Korea yang dicapai bulan lalu di Pyongyang.

UNC pimpinan Amerika Serikat yang telah mengawasi DMZ sejak era perang Korea pada tahun 1950-53 belum memberikan komentar terkait keputusan ini. Namun UNC mendukung upaya kedua Korea untuk mengimplementasikan kesepakatan militer mereka.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Korut dan Korsel berencana menarik 11 pos penjaga dalam radius satu Kilometer dari garis demarkasi militer di perbatasan wilayah pada akhir tahun.

Kedua negara juga berencana untuk menarik senjata api dari Joint Security Area (JSA) di Panmunjon dan mengurangi hingga masing-masing 35 personel dan akan berbagi informasi mengenai pengawasan peralatan militer.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

"Kami membahas jadwal untuk penarikan senjata api dan pos penjaga, serta cara untuk menyesuaikan jumlah personel penjaga dan melakukan inspeksi bersama," kata pihak Kementerian Pertahanan Korea Selatan, seperti dikutip Channel News Asia.

Kesepakatan itu juga termasuk penghentian semua tindakan bermusuhan dan zona larangan terbang di sekitar perbatasan. (ren)

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024