Logo BBC

Satu Bulan Pembunuhan Jamal Khashoggi, Apa yang Diketahui Sejauh Ini?

Jamal Khashoggi pernah dikenal dekat dengan kerajaan Saudi sebelum berseberangan pandangan.-EPA
Jamal Khashoggi pernah dikenal dekat dengan kerajaan Saudi sebelum berseberangan pandangan.-EPA
Sumber :
  • bbc

Seorang pejabat senior Turki mengatakan diyakini jenazah wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, dihancurkan dengan larutan kimia setelah ia dibunuh di gedung konsulat Saudi di Istannbul.

Tepat sebulan setelah pembunuhan, penasehat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Yasin Aktay, mengatakan penghancuran jenazah dengan larutan kimia ini satu-satunya penjelasan yang logis mengapa jenazah Khashoggi tidak ditemukan.

"Berdasarkan informasi terbaru yang kami terima, mengapa jenazahnya dimutilasi adalah agar lebih mudah hancur saat dimasukkan ke larutan kimia," kata Aktay dalam wawancara dengan surat kabar Turki, Hurriyet.

Para pejabat Turki meyakini bahwa ia dibunuh di dalam gedung konsulat oleh tim khusus dari Saudi.

Dikatakan pula bahwa pemerintah Turki memiliki bukti, termasuk rekaman audio yang mendukung klaim bahwa Khashoggi dihabisi secara brutal.

Tadinya Saudi bersikukuh bahwa Khashoggi meninggalkan kompleks konsulat tak lama setelah memasuki gedung, namun sekarang Saudi mengakui bahwa ia telah meninggal dunia.

Saudi mengatakan Khashoggi tewas dalam "operasi liar" dan para pejabat senior di Riyadh "tak tahu menahu soal operasi ini".

Berikut beberapa hal yang sudah kita ketahui soal kasus Khashoggi:

Siapa Jamal Khashoggi?