Logo BBC

Amnesty International: Arab Saudi Menyiksa Aktivis Perempuan

Sejumlah aktivis ditangkap pada bulan Mei lalu ketika Arab Saudi bersiap-siap membebaskan perempuan untuk mengemudi. - EPA
Sejumlah aktivis ditangkap pada bulan Mei lalu ketika Arab Saudi bersiap-siap membebaskan perempuan untuk mengemudi. - EPA
Sumber :
  • bbc

Dua organisasi hak asasi manusia, Amnesty International dan Human Rights Watch, mengatakan mereka menerima informasi yang dapat dipercaya bahwa sejumlah perempuan Arab Saudi, yang mengampanyekan hak-hak perempuan untuk mengemudi, telah disiksa dalam tahanan.

Dikatakan, salah satu di antara mereka juga mengalami pelecehan seksual selama berada dalam tahanan.

Pihak berwenang Arab Saudi menangkap sejumlah aktivis perempuan awal tahun ini. Selain aktivis perempuan, sejumlah ulama dan intelektual berpengaruh juga ditahan.

BBC telah menghubungi pemerintah Arab Saudi untuk meminta tanggapan tetapi belum dijawab.

`Disiksa penyelidik bertopeng`

Namun, dalam keterangannya kepada Wall Street Journal, seorang pejabat mengatakan bahwa kerajaan itu "tidak menyetujui, mendukung, atau mengizinkan penggunaan penyiksaan".

Baik Amnesty International maupun Human Rights Watch mengeluarkan pernyataan pada Selasa (21/11) yang berisi informasi rinci tentang dugaan penyiksaan yang dialami oleh para aktivis HAM, termasuk tahanan perempuan.