Logo BBC

Koalisi Militer Saudi Izinkan Pengungsian Pemberontak Houthi Yaman

Konflik di Yaman -AFP
Konflik di Yaman -AFP
Sumber :
  • bbc

Sebuah pesawat PBB akan mengevakuasi para pemberontak suku Houthi yang terluka dari Yaman, dalam upaya untuk membangun kepercayaan menjelang pembicaraan damai yang ambruk September lalu.

Hal ini dikatakan koalisi militer pimpinan Saudi yang memerangi para pemberontak.

Ke-50 pemberontak yang terluka tersebut akan diterbangkan dari Sanaa, ibu kota Yaman yang dikuasai pemberontak, untuk dirawat di Oman pada hari Senin (3/12).

"Sebuah pesawat yang disewa PBB akan tiba di bandara internasional Sanaa untuk mengevakuasi 50 pemberontak yang terluka ... tiga dokter Yaman dan seorang dokter PBB, dari Sanaa ke Muscat," kata seorang juru bicara koalisi.

Dia mengatakan langkah itu diusulkan oleh utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, dan disetujui koalisi pimpinan Saudi sebagai langkah membangun kepercayaan menjelang pembicaraan damai di Swedia.

Pembicaraan yang disponsori PBB antara pemberontak dan pemerintah Yaman dukungan Saudi itu diperkirakan akan dimulai dalam beberapa hari mendatang.

PBB berusaha menghidupkan kembali perundingan antara pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Abdrabbuh Mansour dan pemberontak Houthi yang didukung Iran yang menguasai sebagian besar wilayah utara.