Donald Trump Ingin Vietnam Jadi Tempat Pertemuan dengan Kim Jong-un

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump
Sumber :
  • Twitter.com/@realDonaldTrump

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyarankan untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Vietnam pada pertengahan Februari 2019.

Teman Sejoli, Kim Jong Un Langsung Beri Selamat ke Putin Usai Unggul di Pemilu Rusia

Surat kabar Jepang, Yomiuri Shimbun, melaporkan Korea Utara tampaknya sudah meninjau proposal dari Amerika Serikat. Namun Korut belum memberikan tanggapan atas hal itu.

Laporan itu muncul di tengah meningkatnya spekulasi bahwa kedua pemimpin akan segera mengadakan pertemuan kedua, untuk melanjutkan pembicaraan mengenai denuklirisasi. Pertemuan pertama antara kedua pemimpin diadakan di Singapura pada Juni 2018.

Sidak Latihan Pasukan Penerjun Korut, Kim Jong Un Naik Limosin Mewah Pemberian Putin

Trump sebelumnya telah mengonfirmasi pembicaraan mengenai lokasi pertemuan kedua dengan Kim sedang berlangsung dan akan diumumkan dalam waktu dekat.

Sementara itu pada pidato Tahun Baru, Kim Jong-un menyatakan kesediaannya untuk bertemu lagi dengan Trump kapan saja.

Momen Kim Jong Un Test Drive Tank Tempur Baru

Untuk pertemuan kedua, Vietnam, Singapura dan Hawaii disebut-sebut sebagai tempat yang memungkinkan untuk diadakannya pertemuan bilateral. Namun para ahli berpikir Vietnam dan Singapura memiliki kemungkinan lebih tinggi karena memiliki Kedutaan Besar Korea Utara, sementara di Hawaii tidak ada.

Dilansir dari Straits Times, Senin 14 Januari 2019, Vietnam telah mengirim pesan ke Korea Selatan dan Korea Utara bahwa mereka siap menjadi tuan rumah pertemuan tersebut, tepatnya di Kota Da Nang.

VIVA Militer: Kim Jong-un menyaksikan uji coba rudal balistik Korea Utara

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Korea Utara, di bawah perintah Kim Jong Un meluncurkan beberapa rudal balistik jarak pendek ke perairan timurnya pada hari Senin waktu setempat, di tengah kunjungan Mente

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024