Ulama Terkenal Saudi Meninggal di Tahanan yang Kondisinya Mengenaskan

Syekh Ahmed al-Amari
Sumber :
  • Courtesy of Prisoners of Conscience/Aljazeera

VIVA – Ulama dan Imam terkenal yang merupakan penceramah di Masjid Madinah meninggal di penjara Arab Saudi akibat buruknya kondisi tahanan di negara itu sebagaimana disampaikan oleh para aktivis.

Ustaz Khalid Basalamah: Selama Belum Selesai Azan Subuh Masih Boleh Makan Sahur

Syekh Ahmed al-Amari merupakan Dekan di Fakultas Ilmu Alquran di Universitas Islam Madinah. Dia meninggal pada Minggu, 20 Januari 2019 yakni lima bulan setelah dia ditahan otoritas Arab Saudi.

Sementara lembaga Prisoners of Conscience yang memantau penahanan dan mendokumentasikan penangkapan para penceramah dan akademisi terkenal menilai bahwa pemerintah Saudi memang sengaja menelantarkan para tahanan termasuk pria tersebut yang berusia 69 tahun. Hal itu diduga akhirnya menyebabkan kematiannya.

Nonton Video Porno Tidak Membatalkan Puasa? Begini Pandangan Para Ulama

Dikutip dari laman Aljazeera, Direktur lembaga yang membidangi HAM berbasis di London, ALQST, Yahya Assiri, menyatakan bahwa al-Amari dijemput dari rumahnya pada Agustus 2018 lalu dan ditahan menyusul adanya penahanan rekannya yang juga ahli ilmu agama, Safar al-Hawali.

Al-Hawali ditahan setelah mempublikasikan buku dengan 3.000 halaman yang memuat soal serangan dan kritik terhadap putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman dan keluarga Kerajaan Saudi terkait kedekatan mereka dengan Israel. 

Pesan Terakhir Habib Hasan bin Ja'far Assegaf 2 Hari Sebelum Wafat

Pengguna media sosial banyak yang menyayangkan bahwa tak idealnya perawatan media di balik jeruji yang menyebabkan kematian al-Amari. 

"Dia memang tiba-tiba dipindahkan dari penjara Dhaban ke kompleks rumah sakit Raja Abdullah di Jeddah pada 2 Januari akibat penyakit pada otak," kata Assiri.

"Menurut saya kasus ini cenderung kasus sengaja 'membunuh' pelan-pelan dirinya di penjara dibandingkan tak memberikan perawatan medis," lanjutnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya