Logo BBC

Bertemu Trump di Vietnam, Kim Jong Un Akan Naik Kereta?

Dalam beberapa kesempatan, Kim Jong-un berpergian dari Pyongyang ke Beijing menumpang kereta pribadinya. - Reuters
Dalam beberapa kesempatan, Kim Jong-un berpergian dari Pyongyang ke Beijing menumpang kereta pribadinya. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Ini mungkin bukanlah perjalanan biasa. Sejumlah pakar memprediksi pimpinan Korea Utara, Kim Jong-un, bakal menumpang kereta menuju lokasi perundingan dengan Presiden AS Donald Trump di Vietnam.

Jika pilihan benar-benar jatuh pada kereta, perjalanan itu akan berlangsung setidaknya selama dua setengah hari. Kim harus melalui rute sepanjang 4.153 kilometer dari Pyongyang ke Hanoi.

Namun, rencana perjalanan Kim untuk pertemuan kedua dengan Trump ini masih dirahasiakan.

Perundingan Kim dan Trump yang sebelumnya digelar di Singapura juga sempat diliputi beragam misteri. Meski saat itu pilihan moda transportasi yang paling memungkinkan adalah pesawat, tapi hingga detik-detik terakhir tak ada konfirmasi tentang pesawat yang ditumpangi Kim.

Ketidakjelasan yang sama pun barangkali akan kembali terjadi. Kita tidak akan tahu transportasi apa yang dipilih Kim sampai ia benar-benar tiba di lokasi perundingan, di Vietnam.

Media massa Jepang dan Korea Selatan awalnya mengutip sejumlah sumber yang menyebut Kim akan berangkat dengan kereta pribadinya yang berwarna hijau-kuning.

Dengan kereta itu, Kim bakal berangkat dari Pyongyang, lalu melintasi perbatasan Cina di kota Dandong, sebelum masuk wilayah Vietnam.