Menlu Thailand ke Indonesia, Bahas Isu-isu Ini dengan Menlu Retno

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai akan melakukan kunjungan kerjanya ke Indonesia pekan ini. Dia akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat pada Rabu besok, 13 Maret 2019.

Keuangan Fredy Pratama Menipis, Istrinya Kena Kasus Pencucian Uang di Thailand

Momen ini merupakan pertemuan ketiga dalam beberapa bulan terakhir antara Menlu Thailand dengan Menlu RI yang menunjukkan intensitas hubungan antara kedua negara. Salah satu fokus utama kunjungan Pramudwinai ke Jakarta adalah untuk membahas mengenai perkembangan ASEAN.

"Kebetulan tahun ini Thailand menjadi Ketua ASEAN. Jadi fokus pertemuan adalah tentang ASEAN. Kedua menlu akan membahas beberapa program kerja yang telah ditetapkan dalam pertemuan Menlu ASEAN di Chiang Mai," kata Juru Bicara Kemlu RI, Arrmanatha Nasir kepada wartawan di kantor Kemlu, Selasa 12 Maret 2019.

Jirayut Ungkap Alasan Kariernya yang Mandek di Negara Asalnya

Isu Indo-Pasifik juga akan menjadi perhatian dalam pertemuan Retno dan Pramudwinai. Hal ini mengingat para pejabat tinggi di negara-negara ASEAN telah ditugaskan untuk menyelesaikan rancangan konsep umum mengenai Indo-Pasifik.

"Isu penguatan kerja sama khususnya ekonomi juga akan dibahas. Beberapa isu yang jadi upaya bersama salah satunya sebagai negara eksporter karet. Kedua menlu akan membahas bagaimana menyetabilkan harga karet yang dalam beberapa bulan terakhir terus mengalami penurunan," ungkap Arrmanatha. 

Polri Gandeng 3 Negara Buru Gembong Narkoba Fredy Pratama

Dalam beberapa tahun terakhir, nilai perdagangan Indonesia-Thailand cukup baik, di mana tahun 2018 perdagangan kedua negara mencapai US$17.77 miliar.

Indonesia juga mengekspor mesin dan peralatan listrik, makanan, produk kertas serta aksesori kendaraan ke Thailand. Namun Indonesia mengimpor beberapa produk utama dari Thailand seperti kendaraan bermotor, produk metal, baja, tekstil dan produk makanan. (ren)

Direktur Tindak Pidana Narkoba Badan Reserse Kriminal Polri, Brigadir Jenderal Polisi Mukti Juharsa

Istri Fredy Pratama Bakal Dimiskinkan Kepolisian Thailand

Polri bakal menyerahkan bukti-bukti Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU dari hasil peredaran narkoba yang dilakukan istri Fredy Pratama ke Kepolisian Thailand. Akan di

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024