Logo BBC

Menteri Susi Kembali Tenggelamkan Kapal: Ini Menakutkan Bangsa Lain

Saat ini, kebijakan KKP untuk mengenggelamkan kapal asing, kata Lidya, cenderung membuat negara tetangga merasa tidak nyaman. - Kementerian Kelautan dan Perikanan
Saat ini, kebijakan KKP untuk mengenggelamkan kapal asing, kata Lidya, cenderung membuat negara tetangga merasa tidak nyaman. - Kementerian Kelautan dan Perikanan
Sumber :
  • bbc

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memimpin penenggelaman 13 kapal Vietnam di Kalimantan Barat, dalam langkah terbaru untuk mengatasi masalah penangkapan ikan ilegal di Indonesia.

Susi menyesap kopi hitamnya santai sesaat sebelum menuju lokasi penenggelaman 13 kapal Vietnam di perairan Pulau Datuk, Kalimantan Barat, Sabtu (04/05). Kapal-kapal itu akan ditenggelamkan karena kedapatan menangkap ikan di perairan Indonesia.

Bersama dengan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, jajaran Kepolisian daerah, Kejaksaan, dan TNI AL, Susi bercerita santai tentang cara favoritnya menikmati kopi. Caranya, katanya sambil mempraktikkan, adalah menuangnya di piring kecil lalu menyesapnya.

"Saya suka Robusta, enggak suka Arabika, perut saya enggak kuat," kata Susi sambil bersandar di dek kapal.

Obrolan yang diselingi tawa itu berhenti ketika wajah Pulau Datuk mulai terlihat dari kapal.

Susi mengambil teropong dan mulai mengamati 13 kapal Vietnam yang sudah dijejerkan. Seiring kapal yang ditumpanginya mendekat, ia berjalan ke haluan terdepan kapal dan mengamati proses penenggelaman yang tengah berlangsung.

Kapal-kapal berbahan kayu itu sudah diisi air dari selang besar dan pelan-pelan, kapal yang diberi pemberat pasir itu semakin turun ke bawah.

Susi mengangkat jari telunjuknya dan mencoba menghitung jumlah kapal yang ada di hadapannya.

Kepada BBC News Indonesia, Susi mengatakan dia merasa biasa saja sudah menenggelamkan kapal asing berulang kali.

"Biasa saja, pekerjaan rutinitas. Setiap ada kapal yang sudah inkracht (putusan pengadilannya) kan harus kita musnahkan sesegera mungkin," kata Susi.