Logo ABC

Mau Beli Apartemen Baru di Australia? Cermati Dahulu Masalah Ini

Kompleks apartemen Mascot Towers di Sydney yang jadi sorotan karena ditemukan keretakan pada bangunan tersebut pada pertengahan Juni 2019.
Kompleks apartemen Mascot Towers di Sydney yang jadi sorotan karena ditemukan keretakan pada bangunan tersebut pada pertengahan Juni 2019.
Sumber :
  • abc

Kualitas bangunan apartemen di Australia kini menjadi sorotan, setelah kasus terakhir yang dialami penghuni kompleks Mascot Towers di Sydney. Mereka terpaksa dievakuasi karena adanya keretakan pada bangunan.

Sebelumnya juga di Sydney, sekitar 3000 penghuni apartemen Opal Towers dievakuasi akibat runtuhnya balok-balok penyangga bangunan itu.

Laporan ABC News menyebutkan masalah keamanan gedung apartemen baru bukan hanya terjadi di Sydney.

Sejumlah pemilik apartemen di kota lainnya yang dihubungi ABC menjelaskan kini mereka khawatir struktur bangunan apartemennya tidak aman ditinggali. Mereka pun harus membiayai sendiri kerusakan itu.

Salah satunya John Grant, pemilik apartemen di Canberra yang dibeli dengan harga 640.000 dolar pada tahun 2011. Tak lama berselang, muncul retakan yang menyebar di lantai parkiran apartemen.

Grant mengaku mendapat informasi bahwa keretakan itu bisa diperbaiki, tapi biayanya diperkirakan mencapai 9 juta dolar (sekitar Rp90 miliar).

Jika biaya ini harus ditanggung pemilik apartemen di kompleks itu, masing-masing harus membayar 75.000 dolar (Rp750 juta).