20 Daftar Kota Termahal di Dunia, Tiga Teratas Dikuasai Negara Asia

Hong Kong.
Sumber :
  • Freepik/may_chanik

VIVA – Survei biaya hidup tahunan versi Mercer menyebut Hong Kong sebagai kota paling mahal bagi ekspatriat. Untuk kedua kalinya secara beruntun, Hong Kong dinobatkan sebagai kota termahal dunia, karena tingginya harga perumahan, meski diguncang gelombang aksi protes selama berbulan-bulan.

Uber Cup 2024: Indonesia Gilas Hong Kong 5-0 di Laga Perdana

Dalam survei ini, mereka mengukur 200 barang kebutuhan di 209 kota. Barang-barang ini antara lain perumahan, transportasi, makanan, pakaian, peralatan rumah tangga, dan hiburan.

Sedangkan, kota termahal kedua adalah Ashgabat, ibukota Turkmenistan, yang mengalami hiperinflasi akibat tingginya biaya impor barang dan bahan baku. Di peringkat ketiga masih dari benua Asia, yaitu ibukota Jepang, Tokyo.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Tiga kota di Swiss, Zurich, Bern, dan Jenewa masing-masing berada di peringkat keempat, kedelapan, dan kesembilan. Kemudian, Singapura dan New York di Amerika Serikat berada di urutan kelima dan keenam. Sedangkan, dua kota di China, Shanghai dan Beijing menempati posisi ketujuh dan ke-10.

Survei ini juga menemukan kota paling mahal di Afrika adalah Victoria di Seychelles dan Ndjamena di Chad, yang berada di peringkat 14 dan 15. Victoria serta Ndjamena mengalahkan kota-kota beken seperti Guangzhou (China), London (Inggris), Lagos (Nigeria), Los Angeles dan San Fransisco (AS).

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Survei Mercer juga melansir kota Jakarta sebagai salah satu kota dengan biaya hidup tinggi bagi ekspatriat. Dalam survei yang dirilis tahun ini, Jakarta bertengger di peringkat 86.

Sementara, menurut survei tersebut, tiga kota termurah adalah Tashkent di Uzbekistan, Windhoek di Namibia dan Tunis di Tunisia.

Daftar Mercer yang memuat 209 kota di dunia dirancang untuk membantu perusahaan menentukan besaran biaya karyawan mereka di luar negeri. Survei ini melacak biaya hidup ekspatriat. Peringkat tahun ini memperkuat tren bahwa kota-kota di Asia dan Afrika menjadi lebih mahal bagi orang asing.

Berikut 20 daftar kota termahal di dunia menurut survei Mercer, seperti dikutip Times Out:

1. Hong Kong, Hong Kong
2. Ashgabat, Turkmenistan
3. Tokyo, Jepang
4. Zurich, Swiss
5. Singapura, Singapura
6. New York, Amerika Serikat
7. Shanghai, China
8. Bern, Swiss
9. Jenewa, Swiss
10. Beijing, China
11. Seoul, Korea Selatan
12. Tel Aviv, Israel
13. Shenzhen, China
14. Victoria, Seychelles
15. Ndjamena, Chad
16. San Francisco, Amerika Serikat
17. Los Angeles, Amerika Serikat
18. Lagos, Nigeria
19. London, Inggris
20. Guangzhou, China

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya