Logo BBC

Bentrokan Tentara India vs China di Himalaya, Apa Pemicunya?

Seorang pria berjalan di ruangan pertemuan perwira militer India dan China di Bumla, dekat perbatasan kedua negara.-Reuters
Seorang pria berjalan di ruangan pertemuan perwira militer India dan China di Bumla, dekat perbatasan kedua negara.-Reuters
Sumber :
  • bbc

India dan China, dua negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia, berseteru selama beberapa pekan di Pegunungan Himalaya. Kedua negara memiliki jumlah tentara terbanyak di dunia dan sama-sama memiliki senjata nuklir.

Baca juga: 20 Tentara India Tewas Usai Bentrok dengan Pasukan China di Perbatasan

Krisis India-China kian memburuk pada Selasa (16/06). Tentara India mengatakan tiga tentaranya, termasuk seorang kolonel, tewas ketika terlibat bentrokan dengan tentara China.

Pada Selasa (16/06) malam, media India melaporkan 20 tentaranya tewas dan militer India `telah menyebabkan 43 korban di pihak China.`

China belum mengonfirmasi jumlah tentaranya yang meninggal dan terluka.

Peristiwa yang berujung pada kematian ini adalah yang pertama selama lebih dari 40 tahun kedua raksasa Asia tersebut berseteru soal wilayah perbatasan.

Bagaimana konfrontasi kali ini bisa terjadi, dan apa penyebabnya?


Getty Images
India dan China bentrok soal sebuah wilayah di Pegunungan Himalaya
Perseteruan India-China

Lokasi bentrok pada Selasa (16/06) berada di perbatasan de facto kedua negara yang dinamakan Garis Kendali Aktual atau LAC di Lembah Galwan di Ladakh.

Lembah ini terletak di wilayah sengketa Kashmir yang sarat personel dan persenjataan militer. Kashmir sering menjadi sumber konflik karena adanya sengketa wilayah antara India, Pakistan, dan China.


BBC


Banyak insiden antara petugas patroli India dan China terjadi di Lembah Galwan. Sejak April, kedua negara telah menempatkan tank, artileri, peluncur roket, dan tentara di sekeliling lembah.