Upacara HUT RI ke-75 di KBRI Tokyo, Peserta Ikuti Protokol Kesehatan

Suasana perayaan HUT RI ke-75 di KBRI Tokyo
Suasana perayaan HUT RI ke-75 di KBRI Tokyo
Sumber :
  • VIVA/Andylala

VIVA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, di tengah meningkatnya pandemi virus Corona di Jepang. Kepala Perwakilan RI di Jepang Tri Purnajaya memimpin pelaksanaan upacara yang berlangsung secara singkat dan mengikuti protokol kesehatan.

Atase Pertahanan RI Tokyo Kolonel Penerbang E.Wisoko Aribowo selaku komandan upacara memimpin peserta upacara yang hanya dihadiri para atase diplomat dan staf Lokal KBRI Tokyo. Acara ini juga dihadiri perwakilan tenaga pendidik Sekolah Republik Indonesia Tokyo dan perwakilan masyarakat komunitas masyarakat Indonesia di Jepang.

Kepala Perwakilan RI di Jepang Tri Purnajaya kepada koresponden VIVA di Tokyo mengatakan, KBRI Tokyo berupaya tetap menjaga kesehatan masyarakat di tengah merebaknya pandemi virus Corona di Jepang.

Suasana perayaan HUT RI ke-75 di KBRI Tokyo

"Sesuai dengan protokol kesehatan terkait dengan pandemi COVID-19 kami selenggarakan upacara peringatan kemerdekaan RI ke-75 dengan sangat singkat dan para peserta wajib mengenakan masker serta menjaga jarak. Ini semua adalah upaya kami agar tetap bisa melakukan upacara kemerdekaan dengan tetap menjaga kesehatan bersama,” ujar Tri Purnajaya usai upacara.

Baca juga: Berlangsung Saat Musim Corona, Istana Presiden Sepi di HUT RI ke-75

Dalam peringatan hari kemerdekaan tahun ini, KBRI Tokyo memberi penghargaan kepada 2 orang diplomat dan hadiah kepada 4 orang pemenang Lomba Karya Tulis Kemerdekaan RI bertemakan Hubungan Indonesia Jepang. Lomba ini tidak hanya diikuti masyarakat Indonesia tetapi juga warga Jepang yang tertarik dengan Indonesia.