Positif COVID-19, Trump Dilarikan ke Pusat Medis Militer Walter Reed

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memakai masker
Sumber :
  • The Independent

VIVA – Usai dinyatakan positif COVID-19 dari hasil uji swab, Presiden Donald Trump langsung dilarikan ke Walter Reed Medical Center pada Jumat malam waktu setempat. Hal itu, kata Gedung Putih karena pemerintah AS sangat berhati-hati usai Trump didiagnosa terpapar virus corona.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Baca Juga: Dinyatakan Positif COVID-19, Begini Kondisi Donald Trump

Dilansir dari CNBC, pada Sabtu 3 Oktober 2020, dijelaskan Trump terlihat mengenakan masker saat meninggalkan gedung putih pada pukul 18.15 waktu setempat dengan helikopternya, Marine One sembari melambaikan tangannya kepada media.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Langkah yang dilakukan gedung putih tersebut tampaknya menandakan peningkatan dalam upaya mengamankan presiden AS, dan sebagai upaya pencegahan yang lebih parah dari kondisi penyakitnya saat ini.

"Presiden Trump tetap sehat, memiliki gejala ringan, dan telah bekerja sepanjang hari," kata Sekretaris Pers Kayleigh McEnany dalam sebuah pernyataan kepada wartawan di Gedung Putih.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Karena sangat berhati-hati, dan atas rekomendasi dokter dan ahli medisnya, Presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed selama beberapa hari ke depan. Presiden Trump menghargai curahan dukungan untuk dia dan Ibu Negara,” kata McEnany.

Setelah kepergiannya dari Gedung Putih, akun Twitter resmi presiden membagikan video tentang dirinya yang tampak berbicara dari Oval Office.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan yang luar biasa," kata Trump. 

"Saya akan pergi ke rumah sakit Walter Reed, saya pikir keadaan saya baik-baik saja, tapi kami akan memastikan semuanya berjalan lancar. Ibu negara melakukannya dengan sangat baik. Jadi terima kasih banyak, saya menghargainya, saya tidak akan pernah melupakannya. Terima kasih."

Seperti diketahui, dilarikannya Presiden Trump dan Melania ke fasilitas medis tersebut kurang dari satu hari setelah keduanya diumumkan terpapar COVID-19. Sebelumnya, Trump menyatakan lelah namun tetap semangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya