Logo ABC

Dua Kali Ikan asal Indonesia ke China Positif Corona, Kok Bisa

Pakar dari Australia menilai hasil tes positif virus corona di ikan belum tentu bisa menular, tapi mendeteksi sisa-sisa virus.
Pakar dari Australia menilai hasil tes positif virus corona di ikan belum tentu bisa menular, tapi mendeteksi sisa-sisa virus.
Sumber :
  • abc

Hari Selasa (10/11), Bea Cukai China mengumumkan penangguhan impor ikan beku dari salah satu perusahaan ekspor Indonesia selama satu minggu setelah mendeteksi adanya virus corona dalam sampel produknya.

Dalam pernyataannya, Administrasi Umum Kepabeanan China menulis "asam nukleat SARS-CoV 2" telah terdeteksi di satu sampel ikan bawal beku yang diimpor dari China.

Sesuai dengan aturan otoritas kepabeanan di China, pemasok makanan beku yang sampel produknya dites positif corona akan ditangguhkan selama seminggu.

Diketahui dari pernyataan tersebut perusahaan yang mengekspor adalah PT Anugrah Laut Indonesia dengan nomor registrasi CR 821-16.

ABC Indonesia telah menghubungi perusahaan ekspor ikan dengan nama PT Anugrah Laut Indonesia yang berlokasi di Jawa Timur.

"Kami belum dapat informasi atau kabar apapun soal [penangguhan] itu, jadi saya nggak bisa memberikan tanggapan apa-apa," kata Ahmad Marzuki, salah satu staf PT Anugrah Laut Indonesia yang menjawab telepon ABC Indonesia.

Ikan Beku Untuk kedua kalinya, importir ikan beku asal Indonesia dikenai penangguhan otoritas China selama sepekan karena sampelnya mengandung virus corona.