Logo BBC

Joe Biden Bentuk kabinet baru, Eks Pejabat Obama Dapat Posisi Penting

John Kerry menandatangani perjanjian iklim Paris pada tahun 2016.-Getty Images
John Kerry menandatangani perjanjian iklim Paris pada tahun 2016.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan berperan sebagai utusan khusus bidang iklim ketika Presiden terpilih AS Joe Biden menjabat.

Kerry adalah satu dari sejumlah orang yang ditunjuk untuk menempati jabatan-jabatan tertinggi oleh tim transisi Biden pada hari Senin.

Pilihan untuk pos-pos penting lainnya termasuk ajudan lama Biden, Antony Blinken, sebagai menteri luar negeri. Sementara beberapa laporan media mengatakan mantan ketua Federal Reserve, Janet Yellen, akan menjadi pilihan utama sebagai menteri keuangan.

Penguman tersebut disampaikan ketika seruan bagi Donald Trump untuk menerima kemenangan Biden semakin meningkat. Trump kini akhirnya telah menerima bahwa pemindahan kekuasaan ke pemerintahan baru bisa dimulai.

Sebelumnya, Trump mengklaim terjadi penipuan pemilu tanpa memberikan bukti dan terus mengejar gugatan hukum atas hasil pemilihan.

Biden diproyeksikan akan mengalahkan Presiden Trump dengan 306 suara berbanding 232 ketika lembaga pemilihan AS, yaitu electoral college, akan bertemu secara resmi untuk mengonfirmasi pemenang pemilihan pada 14 Desember. Angka itu jauh di atas 270 suara yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan presiden.

Dalam sebuah pernyataan menyusul pengumuman pada hari Senin, Biden mengatakan, "Saya membutuhkan tim yang siap sejak hari pertama untuk membantu saya merebut kembali posisi Amerika sebagai pemimpin di meja perundingan, menyatukan dunia untuk menghadapi tantangan-tantangan terbesar yang kita hadapi, dan memajukan keamanan, kemakmuran, dan nilai-nilai kita. Ini adalah inti dari tim itu."

Beberapa posisi memerlukan konfirmasi oleh Senat AS.