Logo BBC

Iran Sahkan UU Genjot Pengayaan Uranium, Blokir Pemeriksaan PBB

Gambar satelit dari fasilitas nuklir Natanz Iran, salah satu situs yang dapat meningkatkan pengayaan nuklir.-Reuters
Gambar satelit dari fasilitas nuklir Natanz Iran, salah satu situs yang dapat meningkatkan pengayaan nuklir.-Reuters
Sumber :
  • bbc

Iran berupaya meningkatkan pengayaan uranium sekaligus menghentikan pemeriksaan PBB terhadap situs nuklirnya melalui undang-undang baru yang disetujui oleh parlemennya.

UU tersebut mengharuskan pemerintah melanjutkan pengayaan uranium hingga 20% – jauh di atas taraf 3,67% yang disepakati pada kesepakatan nuklir 2015 – jika rangkaian sanksi yang melumpuhkan Iran tidak dikurangi dalam kurun waktu dua bulan.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan dia menentang penerapan undang-undang tersebut. Undang-undang itu diloloskan setelah terjadi pembunuhan terhadap ilmuwan nuklir ternama Iran.

Mohsen Fakhrizadeh tewas dalam serangan misterius di sebuah jalan di luar ibu kota Teheran Jumat lalu. Iran yakin Israel dan kelompok oposisi yang diasingkan menggunakan senjata jarak jauh untuk melakukan penembakan.

Israel belum secara terbuka mengomentari tuduhan keterlibatannya.

Fakhrizadeh memainkan peran penting dalam program nuklir Iran, tetapi pemerintah bersikeras bahwa kegiatan nuklirnya sepenuhnya untuk tujuan damai. Iran telah dikenakan sanksi oleh Barat yang melumpuhkan negara itu, yang bertujuan untuk mencegahnya mengembangkan senjata nuklir.

Apa arti UU baru Iran bagi program nuklirnya?