Logo BBC

Muncul Kasus COVID-19, Kapal Pesiar Singapura Kembali Lebih Awal

Pandemi virus corona melumpuhkan sektor pariwisata, termasuk kapal pesiar.-Royal Caribbean
Pandemi virus corona melumpuhkan sektor pariwisata, termasuk kapal pesiar.-Royal Caribbean
Sumber :
  • bbc

Kapal pesiar milik perusahaan Royal Caribbean kembali berlabuh di Singapura pada hari ketiga dari empat hari yang dijadwalkan dalam "pelayaran tak kemana-mana" setelah seorang penumpang dinyatakan positif Covid-19.

Layanan "pelayaran tak kemana-mana", yakni berlayar dan kembali berlabuh di pelabuhan yang sama tanpa singgah di tempat lain, diluncurkan Singapura bulan lalu. Perjalanan kapal pesiar khusus diperuntukkan bagi warga negara itu saja.

Layanan itu dibuka sebagai upaya untuk menghidupkan kembali industri kapal pesiar di Singapura yang lumpuh akibat pandemi Covid-19. Secara global, industri tersebut juga lumpuh sesudah banyak kapal pesiar menjadi pusat penularan di awal masa pandemi.

Kapal pesiar milik perusahaan Royal Caribbean yang diberi nama Quantum of the Seas berlayar dari Singapura pada Senin (07/12) dalam pelayaran selama empat hari, pergi pulang.

Pelayaran ini adalah bagian dari skema "pelayaran aman" yang diumumkan oleh Badan Pariwisata Singapura pada Oktober lalu.

Penumpang alami diare

Perusahaan pelayaran mengatakan kapal tersebut diperintahkan untuk kembali ke pelabuhan setelah seorang penumpang dinyatakan positif virus corona sesuai dengan hasil tes yang dilakukan oleh tim medis di atas kapal.