Logo DW

Rusia Disebut Coba Racuni Lagi Navalny Sebelum Dikirim ke Berlin

Navalny/Instagram/dpa/picture-alliance
Navalny/Instagram/dpa/picture-alliance
Sumber :
  • dw

Aktivis antikorupsi dan kritikus pemerintah Alexei Navalny sudah lama terbukti menjadi duri bagipemerintahan Presiden Vladimir Putin di Moskow. Harian Inggris The Times kini melaporkan, agen-agen Rusia untuk kedua kalinya mencoba membunuh Navalny dengan racun saraf novichok, setelah upaya pertama mereka gagal.

Dosis racun kedua diduga diberikan kepada Navalny sebelum dia diterbangkan ke Berlin untuk perawatan lebih lanjut, sumber intelijen barat mengatakan kepada surat kabar Inggris itu, Sabtu (12/12).

Alexei Navalny mendadak jatuh sakit dalam penerbangan dari Siberia ke Moskow setelah mengalami keracunan, yang kemudian diidentifikasi sebagai racun pelumpuh saraf novichok. Pilot pesawat kemudian melakukan pendaratan darurat di kota Omsk di Siberia dan dia dilarikan ke rumah sakit. Tim kesehatan lalu memberinya penawar racun atropin, kata Times.

Navalny dua kali selamat dari serangan Novichok

Diyakini bahwa penawarnya mungkin juga mencegah keberhasilan upaya pembunuhan kedua.

"Atropin itu menyelamatkan hidupnya," kata mantan komandan Resimen Kimia, Biologi, Radiologi, dan Nuklir di Angkatan Darat Inggris, Hamish de Bretton-Gordon, kepada The Times.

"Agen saraf menyebabkan kegagalan banyak organ. Paru-paru akan menyerah lebih dulu dan Anda akan mati. Namun jika digunakan dengan cepat, atropin dapat membalikkan efeknya."