Aksi Lawan COVID-19, Kedubes Inggris Luncurkan Website Interaktif

Mural Bersama Lawan Corona, COVID-19 (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Program HBCC bersama UK-AID, Unilever dan SNV mengembangkan situs Tanggapcovid.id. Situs ini menyediakan informasi praktis terkait COVID-19, termasuk perilaku 3M yang mudah diakses publik.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Saat ini, kasus positif COVID-19 di Indonesia terus mengalami kenaikan setiap harinya. Situs resmi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat per tanggal 1 Februari 2021, pasien positif di Indonesia mencapai 1.078.314 orang.

Namun, penerapan langkah preventif untuk mencegah penularan virus, masih belum optimal. Implementasi 3M dan adaptasi kebiasaan baru di antara masyarakat, juga masih cukup rendah.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Menurut data Program Hygiene and Behaviour Change Coalition (HBCC) di 10 kabupaten/kota, sekitar 56 persen masyarakat pengguna fasilitas umum masih memiliki pengetahuan terbatas tentang pencegahan COVID-19.

Tingkat kepatuhan masyarakat dalam penerapan perilaku 3M juga masih rendah, terutama bagi kelompok masyarakat ekonomi lemah di perkotaan, pekerja harian dengan mobilitas tinggi, dan kelompok masyarakat yang belum memiliki akses terhadap sarana dan prasana. Kurangnya akses informasi dan pengetahuan juga menjadi masalah utama.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Melihat kesenjangan akses informasi dan kurangnya penerapan 3M maka dikembangkan situs ini. “Kehadiran Tanggapcovid.id juga diharapkan bisa meluruskan rumor-rumor seputar COVID- 19 yang masih banyak beredar. Diharapkan pula situs ini bisa menjadi media pemicu terhadap perubahan perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk 3M kepada masyarakat,” kata Project Manager HBCC SNV Indonesia Saniya Niska, dalam keterangan pers, Selasa, 2 Februari 2021.

Sebagai website interaktif, ada tiga fitur menarik berisi banyak informasi seperti fitur Ketahui Fakta, Dapatkan Tips, dan Terbitlah, yang memiliki keunggulan masing-masing.

Juru Bicara Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, John Nickell, mengatakan dalam mengendalikan penyebaran virus perilaku 3M adalah langkah sederhana yang bisa dilakukan. Namun untuk mengadopsi perilaku ini, masyarakat perlu kemampuan, kesempatan dan motivasi.

"Situs Tanggapcovid.id melengkapi upaya kami dengan meningkatkan motivasi masyarakat dalam mempraktikkan perilaku 3M dan membekali mereka dengan informasi dan pengetahuan yang tepat. Maka dari itu, Kerajaan Inggris pun dengan senang hati mendukung program ini dan mendukung Indonesia dalam menangani pandemi COVID-19,” ujar John.

Baca juga: Blusukan ke Pasar, Kapolda Metro dan Pangdam Jaya Bagi-bagi Masker

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya