Logo DW

Moon dan Joe Biden Sepakat Upayakan Damai Semenanjung Korea

South Korea Presidential Blue House/AP/picture alliance
South Korea Presidential Blue House/AP/picture alliance
Sumber :
  • dw

Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in melalui sambungan telepon pertama, sejak pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada 20 Januari lalu, mengusulkan upaya bersama untuk perdamaian dan denuklirisasi abadi semenanjung Korea.

Biden menegaskan penting bagi Washington dan Seoul untuk memiliki posisi yang sama untuk mencapai tujuan bersama, demikian dikutip dari pernyataan kantor kepresidenan Moon.

"Kedua pemimpin sepakat segera memetakan kebutuhan strategi komprehensif terkait Korea Utara, jika memungkinkan," kata juru bicara Moon, Kang Min-seok.

Gedung Putih mengungkapkan melalui sebuah pernyataan, Biden berbicara dengan Moon untuk "menekankan komitmennya memperkuat aliansi AS-Korsel, yang merupakan kunci utama perdamaian dan kemakmuran di Asia Timur Laut."

Beda kebijakan Biden dan Trump

Moon yang ingin melanjutkan diplomasi nuklir mengatakan pada bulan lalu, Biden dapat belajar dari keberhasilan dan kegagalan Trump dalam menangani Korea Utara. Meskipun dia juga mengakui Biden kemungkinan akan mencoba pendekatan yang berbeda.

Biden menyebut pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un sebagai "preman" dan mengkritik Trump karena mengupayakan pertemuan puncak dengan pemimpin Korea Utara itu, yang dibuat untuk kepentingan propaganda di televisi.