Logo ABC

Tewas Ditabrak, Mahasiswa Kurir Makanan di Sydney Tak Diakui Pekerja

Burak Dogan tewas ditabrak mobil saat sedang bekerja sebagai pengantar makanan Uber Eats pada April 2020 di Sydney. (Supplied: Facebook)
Burak Dogan tewas ditabrak mobil saat sedang bekerja sebagai pengantar makanan Uber Eats pada April 2020 di Sydney. (Supplied: Facebook)
Sumber :
  • abc

Aplikasi jasa pengantaran makanan Uber Eats mengirimkan tiga orderan ke Burak Dogan, pada hari Kamis sore di bulan April 2020.

Dia masih hidup untuk mengantarkan orderan pertama.

Mahasiswa asal Turki berusia 30 tahun itu mengendarai sepeda listrik di pusat kota Sydney, Australia.

Namun beberapa menit sebelum mengambil orderan terakhir ia ditabrak truk.

Rentetan kejadian tewasnya pekerja pengantar makanan pada akhir tahun lalu telah mendorong Pemerintah membentuk satuan tugas dan pihak perusahaan berjanji untuk mengambil langkah perbaikan.

Empat kejadian yang sama sudah dialami oleh pekerja pengantar makanan di Sydney.

Persoalan yang dialami para pekerja ini tampaknya lebih buruk daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Kejadian yang dialami Burak tidak diberitakan di media sebagaimana kasus lainnya, termasuk yang dialami pekerja pengantar makanan asal Indonesia Dede Fredy.

Meskipun Burak sedang terkoneksi dengan aplikasi Uber Eats, namun perusahaan itu tidak mau mengakui kematiannya sebagai kecelakaan terkait pekerjaannya. 

Pihak asuransi perusahaan ini juga menolak klaim asuransi bernilai ratusan ribu dolar yang diajukan pihak keluarga Burak.