Logo ABC

Ilmuwan Politik Jerman Dituduh Jadi Mata-mata China 1 Dekade

Pria tersebut dilaporkan menjadi mata-mata untuk dinas intelejen Jerman sebelum pensiun dan memberikan informasi kepada pemerintah China. (Reuters: Thomas Peter)
Pria tersebut dilaporkan menjadi mata-mata untuk dinas intelejen Jerman sebelum pensiun dan memberikan informasi kepada pemerintah China. (Reuters: Thomas Peter)
Sumber :
  • abc

Seorang ilmuwan politik Jerman yang sudah pensiun dikenai tuduhan melakukan tindak mata-mata untuk China. Ia diduga telah menggunakan kontak politik yang dimilikinya saat menjalankan sebuah lembaga.

Selasa kemarin (6/07), Kantor jaksa penuntut Federal Jerman mengatakan pria yang disebut bernama 'Klaus L', direkrut untuk menjadi mata-mata ketika memberikan kuliah di Shanghai di tahun 2010, setelah dia selama lebih dari 10 tahun memiliki sebuah lembaga 'think thank' yang tidak disebut namanya.

Ilmuwan tersebut dituduh secara berkala memberikan informasi kepada staf intelijen China menjelang kunjungan kenegaraan atau konferensi internasional sampai tahun 2019.

Menurut pihak jaksa penuntut, berbagai informasi datang dari "sumber-sumber politik tingkat tinggi" yang dikenalnya.

Pihak penuntut mengatakan perjalanannya untuk bertemu dengan pihak intelejen China ditanggung oleh China dan dia juga  menerima bayaran atas informasi yang diberikannya.

Jaksa sudah memasukkan berkas perkara ke pengadilan di kota Munich pada bulan Mei.

Jaringan televisi milik pemerintah Jerman, ARD, mengatakan Klaus L juga pernah menjadi mata-mata bagi dinas intelijen luar negeri Jerman, yakni BND, selama 50 tahun sebelum dia kemudian pensiun.