Logo BBC

Lukisan-lukisan Perang Menyayat Hati di Atas Kanvas

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Beberapa lukisan menjadi gambaran yang mengisahkan bencana sosial atau politik. Tapi bisakah seni benar-benar membentuk narasi perang dan kekejaman?

Lukisan grafis dan menyayat hati seniman Cree Kanada, Kent Monkman, `The Scream` (2017) menggambarkan pemandangan yang kacau balau.

Para ibu ditahan oleh Royal Canadian Mounted Police (Mounties) saat mereka berusaha melindungi anak-anaknya, yang direnggut dari pelukannya oleh para imam Katolik.

Adegan itu merangkum penderitaan dari sejarah asimilasi agresif yang terlalu nyata, dengan anak-anak dipisahkan dari keluarganya dan dibawa ke sekolah berasrama.

Di sana mereka kerap mengalami pelecehan fisik dan seksual.

Praktik ini berlaku dari 1880-an hingga 1990-an, dipimpin oleh Gereja Katolik dengan persetujuan dari pemerintah Kanada.

Pada Mei 2021, kuburan tak bertanda yang berisi sisa-sisa 215 anak-anak di bekas sekolah berasrama ditemukan di Kamloops, British Columbia.

Hanya beberapa minggu kemudian, 751 kuburan tak bertanda ditemukan di sekolah berasrama lain di Saskatchewan.

Dan lagi: pada tanggal 30 Juni, 182 kuburan tak bertanda lainnya ditemukan di dekat sekolah asrama di lokasi yang berbeda di British Columbia.

Sejak penemuan yang pertama pada Mei, lukisan Monkman telah dibagikan secara luas, dalam unggahan-unggahan yang mencerminkan kemarahan kolektif, kesedihan, dan tuntutan kepada negara.

Berkat media sosial, dan praktik museum era covid yang menempatkan koleksi mereka secara daring, gambar-gambar telah menjadi lebih mudah diakses oleh publik, sampai pada titik di mana mereka sering menjadi simbol suara kemarahan moral terhadap kekejaman.

Saat melihat lukisan-lukisan `Old World` di Museo Prado di Madrid sekitar satu dekade silam, Monkman, salah satu pelukis kontemporer paling dihormati di Kanada, mulai melihat kekuatan emosional mereka.

Sang seniman dengan sengaja menggunakan tradisi artistik Barat dari lukisan sejarah (dan warna-warna cerah) untuk menceritakan kisah `The Scream`: ini adalah sejarah yang dibagikan, katanya.

(Lukisan itu didedikasikan untuk nenek Monkman, yang selamat dari sistem Sekolah Asrama; pertama kali dia berbicara tentang pengalamannya di sekolah adalah di ranjang kematiannya).

Menempatkannya dalam konteks